Wako Pendata Kartu KIS Jangan Sampai Ada Warga yang Tercecer

LUBUKLINGGAU, Kabarkite.com – Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe secara resmi melaunching program Universal Health Coverage (UHC) Kota Lubuklinggau tahun 2021, bertempat di halaman Kantor Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Senin (31/05).

Selain itu, dilakukan penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara simbolis kepada masyarakat yang dijamin oleh Pemkot Lubuklinggau.

Dalam sambutannya, H SN Prana Putra Sohe mengatakan saat ini UHC di Kota Lubuklinggau sudah mencapai 98 persen. “UHC sudah 98 persen, sebenarnya 2018, sudah kita lakukan.

Kami masih berfikir perlu dilakukan verifikasi data karena masih dinilai belum akurat. Ada beberapa yang tidak layak, tapi masih dapat,” tegas Wako.

Dirinya menambahkan, pemerintah terus berupaya untuk membantu masyarakat meskipun disisi lain dilematis. “Kalau bisa, kita pegang kartu ini tapi jangan sampai sakit juga,” kata dia.

Nanan, sapaan akrab wali kota, meminta kepada camat, lurah, RT, Puskesmas, dan tenaga kesehatan (Nakes) agar proaktif mendata masyarakat yang masih tercecer dan belum mendapatkan kartu KIS.

“Cari satu persatu masyarakat, kerjasama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Karena masih banyak juga masyarakat yang belum mengetahui khususnya program Pemkot Lubuklinggau,” bebernya.

Sementara Deputi Direksi Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu, Siti Farida menyebutkan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011, pemerintah menargetkan paling lambat 1 Januari 2019 seluruh penduduk Indonesia telah menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Tahapan-tahapan pencapaian cakupan UHC tersebut telah dituangkan pemerintah dalam peta jalan Program Jaminan Kesehatan Nasional melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RJPMM) yang telah diatur dengan Perpres 18 Tahun 2020, dimana Cakupan Peserta JKN di Tahun 2024 adalah 98 persen.

“Oleh karena itu, kami menyampaikan penghargaan yang tinggi dan ucapan terima kasih atas niatan mulia Pemkot Lubuklinggau, yang berkeinginan kuat untuk mendaftarkan seluruh penduduknya menjadi peserta Program JKN-KIS, dimana berdasarkan catatan kami per tanggal 01 Mei 2021, jumlah penduduk yang telah memiliki jaminan kesehatan melalui Program JKN–KIS di Kota Lubuklinggau sebanyak 224.788 jiwa dari penduduk sebanyak 229.063 jiwa atau sudah mencapai 98,13 persen,” ungkapnya.(*)

The post Wako Pendata Kartu KIS Jangan Sampai Ada Warga yang Tercecer appeared first on MediaPerubahan.Com.

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite