Hari

UMP Jawa Barat 2026 Resmi Naik 0,71% Menjadi Rp 2,31 Juta: Simak Tanggal Berlaku dan Dampaknya!

Laporan oleh Ayu
Bagikan
UMP Jawa Barat 2026 Resmi Naik 0,71% Menjadi Rp 2,31 Juta: Simak Tanggal Berlaku dan Dampaknya!, 25, Desember, 2025, 06:42:47. Tag: News

Upah Minimum Provinsi (UMP) 2026 di Jawa Barat telah resmi ditetapkan, memberikan informasi penting bagi masyarakat dan pengusaha di wilayah tersebut. Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, mengumumkan bahwa besaran UMP tahun ini sebesar Rp2,31 juta, meningkat dari Rp2,19 juta di tahun sebelumnya. Kenaikan ini memberikan harapan bagi pekerja untuk mendapatkan upah yang lebih baik.

Menariknya, jika terdapat wilayah kabupaten atau kota yang tidak menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), daerah tersebut harus mengacu pada UMP yang berlaku. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat, I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka. Ketiga, dalam hal terdapat daerah kabupaten/kota yang tidak menetapkan upah minimum tahun 2026, maka besaran upah minimum kabupaten/kota dimaksud mengacu pada besaran upah minimum provinsi Jawa Barat tahun 2026,” ungkapnya.

Pemprov Jabar juga menetapkan Upah Minimum Sektoral Provinsi (UMSP) melalui Keputusan Gubernur Nomor 561/Kep.860–Kesra/2025. UMSP untuk tahun 2026 ditetapkan sebesar Rp2.339.995 dan akan berlaku untuk skala usaha menengah dan besar mulai 1 Januari 2026. Ini tentu menjadi langkah konkret dalam menjaga kesejahteraan pekerja di sektor industri.

Keputusan ini diumumkan pada Rabu, 24 Desember 2025, di Gedung Pakuan, Bandung. Gubernur Dedi Mulyadi dalam sambutannya menjelaskan bahwa UMP mengalami kenaikan sekitar 0,7 persen dibanding tahun sebelumnya, sementara UMSP naik sekitar 0,9 persen. Ini adalah suatu proyeksi positif untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial di Jawa Barat.

Salah satu tujuan dari penetapan UMP dan UMSP ini adalah untuk memberikan kejelasan dan kepastian bagi pengusaha. Wilayah yang tidak memiliki UMK harus mengikuti ketentuan ini. Untuk kabupaten-kota kita mengikuti atau menetapkan seluruh usulan yang diusulkan oleh kabupaten-kota, baik UMK maupun UMSK-nya,” tegas Kim.

Pengumuman ini juga menyesuaikan dengan Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2025 tentang Tata Kelola Penyelenggaraan Sistem Elektronik dalam Perlindungan Anak atau PP Tunas. Sosialisasi mengenai peraturan ini dilakukan oleh Menkomdigi Meutya Hafid bersama Gubernur, yang menunjukkan komitmen pemerintah untuk menjaga hak-hak pekerja.

Terdapat sebelas sektor yang diatur dalam UMSP, di antaranya adalah sektor konstruksi gedung hunian, perkantoran, serta jalur-jalur infrastruktur seperti jalan dan jembatan. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah tidak hanya memperhatikan sektor tertentu, tetapi juga berusaha merata dalam penetapan upah.

Pengumuman besaran UMP dan UMSP ini diharapkan dapat membantu meminimalisir angka pengangguran dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan adanya regulasi yang jelas, pekerja bisa lebih termotivasi dan pengusaha juga dapat merencanakan keuangan usaha mereka dengan lebih baik.

Dengan semua kebijakan ini, diharapkan sektor pekerja di Jawa Barat dapat tumbuh dan berkontribusi terhadap perekonomian daerah. Kenaikan UMP dan UMSP diharapkan mampu menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik dan menciptakan daya beli masyarakat yang meningkat.

Secara keseluruhan, keputusan dan regulasi yang dikeluarkan Pemprov Jawa Barat menunjukkan keseriusan dalam menangani masalah upah dan kesejahteraan pekerja. Masyarakat berharap regulasi ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang nyata bagi semua pihak.

Bagikan
Berita Terkait