Tingkatkan Gemar Membaca,SDN 1 Sungai Jauh Adakan Penyuluhan dan Pembinaan Layanan Perpustakaan

Kabarkite.com, Muratara– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muratara telah melaksanakan program penyuluhan layanan dan pembinaan perpustakaan di SDN 1 Sungai Jauh Kecamatan Rawas Ulu,Selasa 21/09/2021.

Kegiatan ini dalam rangka menyebarluaskan informasi tentang layanan perpustakaan dan menanamkan kegemaran membaca khususnya kepada peserta didik sejak usia dini. Rombongan Tim Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) ,Suyono ,S.sos beserta rombongan disambut oleh Bapak Al Qomari S.Pd.SD selaku Kepala Sekolah. Di saat yang bersamaan juga diadakan layanan perpustakaan keliling di mana para siswa dapat membaca berbagai koleksi buku bacaan yang digemari diusianya. Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi layanan perpustakaan dilaksanakan di luar ruangan.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Bapak Suyono,S.sos Sekretaris Perpustakaan dan kearsipan kabupaten Muratara menyampaikan tentang pentingnya membaca dan bagaimana peran perpustakaan sekolah.

Ia juga menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan penyuluhan dan pembinaan ini. Di mana harapannya agar layanan perpustakaan khususnya Perpustakaan Daerah kabupaten Muratara semakin dikenal luas oleh masyarakat. Ditekankan oleh beliau bahwa selama ini mindset masyarakat tentang perpustakaan hanya gudang buku dan tempat pinjam serta membaca buku saja, padahal banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan apalagi selaras dengan program prioritas nasional saat ini tentang perpustakaan berbasis inklusi sosial di mana perpustakaan bisa memfasilitasi kebutuhan masyarakat melalui kegiatan pelibatan masyarakat.

Selanjutnya kepala sekolah SD Negeri 1Sungai Jauh Bapak Al Qomari menjelaskan jika sekolah sudah memiliki program literasi sekolah, di mana setiap hari yang dikhususkan siswa dan guru secara rutin membaca buku sehingga harapannya kegemaran membaca meningkat karena baca buku jadi pintar.

” Buku adalah gudang ilmu dan membaca adalah kuncinya, “tambah beliau.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan tentang meraih cita-cita melalui gemar membaca. Ada 3 kemampuan yang harus dimiliki yaitu kemampuan analisis, mengetahui mana yang benar dan tidak serta kemampuan menerapkan bahan bacaan di kehidupan sehari-hari.

Penyuluhan ditutup oleh Bapak Sekdis dengan terus memotivasi peserta didik untuk meingkatkan kegemaran membaca, tidak hanya membaca buku saja tapi juga Al-Quran.

Jurnalis Junaidi

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite