Tiga Kali Peroleh WTP, Pemkab Muratara Terima Penghargaan Dari Kemenkeu RI

MURATARA–Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia atas capaian tiga kali perolehan Opini Tertinggi yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Diketahui, terhitung semenjak tahun 2017, tahun 2018 dan tahun 2019 secara berurutan memperoleh Opini Tertinggi yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Penyerahan piagam langsung oleh Kepala Kemenkeu RI diwakili Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sumsel Pratanto yang di terimah oleh Pjs Bupati Muratara Ir S A Supriyono yang bertempat di lantai dua BKAD Muratara.

Dalam kesempatan tersebut, Perwakilan dari Kemenkeu RI diwakili Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sumsel Pratanto Mengapresiasi kepada Pemda Muratara atas cepaian laporan yang baik.

“Harus dijaga konsistensi dalam pembuatan laporan keuagan dalam tiga tahun terakhir,”katanya, Rabu (4/11/2020)

Lanjutnya, kualitas laporan harus meningkat, terutama tranparansi dan akuntabilitas. Sebab banyak tantangan kedepan mengingat banyak anggaran yang harus di serap.

Ia mengajak seluruh OPD untuk mendukung kegiatan ini, sebab menjadi energi dimasa yang mendatang dalam penyusunan laporan keuangan yang baik.

Ditempat yang sama, Pjs Bupati Ir S A Supriyono, piagam jangan dilihat dari kertas, namun bagaimana Negara menghargai yang mengelolah keuangan Negara.

“Sesuai dengan pesan kakanwil tadi akuntabilitas dan taranparansi, artinya tertib dan jujur, satu rupiahpun tidak bisa disembunyikan,”tegasnya

Pjs Bupati menyampaikan perolehan Opini WTP berat, bukan berarti borok, namun
semua dalam pencatatan harus jujur dan lengkap.

“Pencatatan aset yang salah dan keliru sangat mempengaruhi WTP. Mempertahan lebih sukit ketimbang meraih. Keuagan ini kelihatan sepeleh. Semisalkan saja hal ada dalam ruangan kerja tercatat atau tidak. BPK masuk ke ruangan kita, lihat semua. Tercatat semua tidak barang yang ada dalam ruangan kerja. Jujur atau tidak kita,”jelasnya

Ditambahnya, Semoga kedepan Perangkat Daerah (PD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Muratara beserta seluruh jajarannya dapat lebih maksimal lagi dalam menerapkan Laporan Keuangan di Lingkungan PD masing-masing,”Pungkasnya (02)

The post Tiga Kali Peroleh WTP, Pemkab Muratara Terima Penghargaan Dari Kemenkeu RI first appeared on Radar Muratara.

Sumber Berita Selengkapnya…