Tetap Waspada, Jaga Kebersihan dan Terapkan Protokol Kesehatan

EMPATLAWANG-Mewabahnya virus Corona (Covid-19) yang melanda wilayah di Indonesia, membuat masyarakat harus lebih waspada. Sebagai antisipasi penyebaran virus Covid-19, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga meminta kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dan kondisi tubuh, dan hindari berkumpul banyak orang dan selalu gunakan masker serta cairan pembersih tangan (hand sanitizer).

Sebagai antisipasi penyebaran virus Covid-19, sejumlah masyarakat di Indonesia banyak melakukan inovasi membuat cairan pembersih tangan dan desinfektan dengan bahan-bahan yang terbilang cukup sederhana, mudah didapat dan dengan harga yang terjangkau (murah).

Hal tersebut dilakukan, karena semakin tingginya harga cairan pembersih tangan, desinfektan dan masker yang semakin langka di pasaran sejak mulai merebaknya virus Covid-19 tersebut.

Salah satu inovasi seperti yang dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK) Kabupaten Empat Lawang membuat cairan pembersih tangan untuk memberikan tips membuat Hand sanitizer dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Selaku Ketua TP PKK Empat Lawang, saya mendemokan cara membuat hand sanitizer melalui video, agar masyarakat bisa membuat sendiri cairan pembersih tangan,”kata Ketua TP PKK Hj Hepi Safriani Joncik.

Hepi mengatakan, pentingnya bisa membuat inovasi cairan pembersih tangan (hand sanitizer) ini, karena virus Covid-19 makin mewabah dan ditambah lagi harga hand sanitizer di pasaran harganya sekarang ini sudah mahal. Sehingga sebagai upaya pencegahan dini terhadap penyebaran virus tersebut, ia berupaya melakukan penanganannya dengan melakukan inovasi sendiri.

“Sekarang ini, sudah sulit didapat mas cairan sanitizer. Sehingga saya mendemokan videoinovasi membuat sendiri cairan sanitizer tersebut,”ucapnya.

Sebelum membuat hand sanitizer bersama puluhan ibu-ibu kader PKK di Kabupaten Empat Lawang, kata Hepi Safriani Joncik, dirinya mencari informasi terlebih dulu melalui jejaring internet. Lalu mempelajarinya bagaimana cara membuat sendiri cairan pembersih tangan dengan bahan dasar yang murah dan mudah didapat seperti alkohol serta tanaman lidah buaya.

“Setelah mengetahui cara pembuatannya, barulah saya mendemokan atau mengajarkan cara membuat handsanitizer yang disampaikan atau didemokan melalui video yang di unggah ke media sosial TP PKK Empat Lawang,” jelasnya.

Dikatakannya, upaya ini mengajak masyarakat agar menanamkan pola hidup bersih dan sehat dengan selalu menjaga diri dan membersihkan lingkungan serta memnyediakan alat pembersih tangan sendiri dengan buatannya sendiri.

“Upaya yang kami lakukan, semata untuk mengajak masyarakat khususnya warga Empat Lawang, untuk menanamkan pola hidup bersih dan sehat, dengan menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri. Agar mempunyai handsanitizer buatannya sendiri bisa dibawahnya kemanapun ia beraktivitas, agar selalu terhindar dari virus covid-19,” jelasnya.(ken)