Terjadi Kelebihan Pembayaran Terhadap Proyek Rp.12 Miliyar Dilingkungan RSUD Siti Aisyah

Kabarkite.com, Lubuklinggau – Proyek Pembangunan Gedung Rontgen/Radiologi rumah sakit siti aisyah dengan nominal anggaran mencapai Rp.12 Miliar lebih pada tahun lalu, jadi sorotan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sumsel. pasalnya dari laporan hasil pemeriksaan ditemukan, terjadi kelebihan pembayaran yang diterima oleh pihak kontraktor pelaksana PT TSC senilai Rp.64 juta lebih.

Kemudian berdasarkan hasil reviu dokumen kontrak dan pemerikaaan fisik dilapangan pada 3 Maret 2021 oleh tim BPK bersama PPK, PPTK, pengawas lapangan dan pelaksana kegiatan. diketahui telah terjadi kekurangan volume pekerjaan pembangunan gedung belasan miliar, yang dilaksanakan PT TSC hingga sebesar Rp. 64.777.908,73 rincian temuan kekurangan volume itupun terjadi dilantai satu dan dua gedung tersebut.

Kondisi itu menurut BPK tidak sesuai, dengan Kepres nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa. Bahkan direktur Siti Aisyah dianggap kurang melakukan, pengendalian dan pengawasan atas belanja modal fisik lingkungan kerjanya. Tidak hanya itu saja bahkan PPK, PPTK, Pengawas lapangan dan panitia penerima hasil pekerjaan terkait, dianggap kurang cermat melaksanakan tugas mereka. Sehingga mengakibatkan pembangunan gedung radiologi pada RSUD Siti Aisyah terjadi kelebihan pembayaran kepada pihak kontraktor pelaksana PT TSC sebesar Rp.64.777.908,73.

Ditegaskan dan agar diketahui secara rinci LHP BPKP sumsel menyatakan, terhitung Desember 2020 dan masa pemeliharaan 180 hari kelender pembangunan gedung radiologi. telah dilakukan pembayaran empat kali, pertama di bulan Juli , Oktober, November dan terakhir 22 Desember 2020 sesuai SP2D sehingga total telah dibayar 100 persen atau dengan senilai Rp.12.582.150.000,00.

Hingga berita ini di terbitkan sebagaimana tertera sesuai laporan hasil pemeriksaan BPK, pihak berkaitan atas pembangunan gedung radiologi tahun lalu ini setelah di konfirmasi belum memberikan tanggapan atas temuan tersebut. (Rudi Tanjung)

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite