Tampil Elegan dengan Kain Songket Khas Muratara

VOSMEDIA.CO.ID_MURATARA – Inilah keindahan dan kemewahan kain tenun khas Kabupaten Muratara, Sumsel yang kondang disebut kain Songket. Kilauan emas dengan motif ‘Teratai bunga berantai’ yang menjadi ciri khas kain tenun ini.

Ketua TP PKK Muratara, Hj Rita Suryani menyebutkan, Songket dengan bahan dasar benang benang sutera dan benang emas sartibi ini dibuat pada tahun 2017 dan di gunakan olehnya , pada saat perayaan 17 Agustus 2017.

Menurutnya yang menjadi khas songket ini adalah kekayaan alam Kabupaten Musi Rawas Utara. Baik dari dalam bumi maupun diatas bumi ini.

“Saya terinspirasi oleh batu teratai (Batu tawon, Red) yang berada atau digali dari sungai di Musi Rawas Utara. Dengan melihat motif dari batu tersebut membuat saya terpesona dengan keindahannya, maka timbul ide membuat sesuatu yang menjadi ciri khas dan dituangkan menjadi sesuatu,” tutur Rita Suryani pada awak media. Rabu (30/6)

Setelah melalui proses diskusi dan kajian yang mendalam serta meminta pendapat dari budayawan Sumsel Yudhy Sharofi, maka jadilah songket “Teratai Bunga Berantai”

Motif berantai kata Rita Suryani, terinspirasi dari hewan peliharaan kebanyakan masyarakat Muratara, yaitu kerbau, “Maka diambillah bentuk tanduk kerbau yang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk berantai.”

Songket khas Muratara

“Kelebihan dan keunikannya motif tidak pernah ada sama dengan daerah lain, karena motif hasil karya cipta sendiri, diambil dari kekayaan alam Kabupaten Muratara sendiri dan mempunyai detail yang tidak bisa ditiru oleh daerah lain,” sebutnya

Tidak lama lagi kain Songket khas Muratara yang indah dan mewah ini akan segera dipasarkan kepublik, khususnya masyarakat Muratara akan tampil elegan dan bangga mengunakan kain songket “Teratai Bunga Berantai” ini.

“Insha Allah setelah ini dipasarkan untuk umum sambil proses patennya berjalan,” tutup Rita Suryani yang juga anggota Komisi V DPRD Provinsi Sumsel, Fraksi Partai PDI Perjuangan ini.

 

(Red)

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite