Sugeng Tewas Ditembak Setelah Pergoki Kawanan Pencuri Sawit

Laporan: Apriansyah
MURATARA-Sugeng Umbara (45) warga Desa Embacang Ilir Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Muratara, tewas dengan dua luka tembakan pada bahu dan dada sebelah kanan, Jumat (5/3).

Kepala Desa Embacang Ilir Kartubi membenarkan bahwa ada warganya yang menjadi korban penembakan oleh orang tidak di kenal, sekitar pukul 03.00 WIB dini hari di perkebunan sawit PT.Yan Sumatera.

Disampaikan Fikri, Adik dari korban penembakan mengatakan kalau, kakaknya sudah  bekerja di PT. Yan Sumatera sudah hampir 15 tahun sebagai penjaga keamanan (PK) ini, terjadi pada saat korban dan rekan kerjanya Endri sedang patroli di perkebunan kelapa sawit yang mereka jaga.

“Pada saat kakak saya patroli di kebun sawit, sekitar pukul 03:00 wib  korban dan temannya memergoki sekelompok OTD yang sedang panen sawit atau sedang mencuri buah sawit. Saat dipergoki korban, sontak pelaku kaget dan berusaha melawan dengan menembak senjata api rakitan laras panjang sebanyak dua kali tembakan,” ujarnya.

Alhasil korban terkena tembakan di bagian dada dan lengan. Karena tidak mempunyai senjata untuk melawan Endri langsung melarikan diri dan segara mencari pertolongan kepada warga sekitar. Selanjutnya warga sekitar yang mendapat kabar, langsung  mendatangi lokasi kebun sawit, saat dilokasi para pelaku pencurian yang menembak korban sudah melarikan diri.

“Korban langsung di bawakan ke RSUD Rupit, namun nyawa korban tidak tertolong lagi,” tambahnya.

Sementara Kapolres Muratara AKBP Eko Sumaryanto S.Ik melalui Kapolsek Karang Jaya Iptu Suhardi saat dikonfirmasi membenarkan kejadian penembakan itu. Kapolsek mengatakan pelakunya merupakan pencuri kelapa sawit yang dipergoki korban dan kawannya yang selamat.

“Dari keterangan saksi yang selamat, pelaku berjumlah sekitar lima orang. Diduga pelaku menggunakan senjata rakitan laras panjang yang digunakan pelaku untuk menembak korban.Kita sudah memeriksa saksi-saksi dan olah TKP, pelaku saat ini masih diburu,”pungkasnya.*