Sejarah Peringatan Bakti PU, Sampai Anak Cucu Hari ini

Kabarkite.com, Musi Rawas – Dilansir dari Website resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) terungkap bahwa, peringatan hari bakti PU bermula dari kejadian pada tanggal 3 Desember 1945 di Gedung Departement Van Verkeer En Waterstaat yang sekarang dikenal sebagai Gedung Sate Bandung.

Pada siang itu, telah terjadi pertempuran di Gedung Sate yang dahsyat dan tidak seimbang. Dalam pertempuran itu, 7 orang pegawai PU gugur dan jenazah mereka tidak ditemukan sampai sekarang.

Sejak saat itu untuk mengenang jasa para pemuda yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Pekerjaan Umum itu, 3 Desember dijadikan sebagai Hari Bakti PU untuk mengenang pertempuran yang terjadi pada tanggal 3 Desember 1945 dan tidak terasa hari bakti PU di tahun ini 3 Desember 2021 sudah berusia 76 tahun.

“Dengan tidak mengurangi semangat dari para pejuang sebelumnya, hari ini kita jajaran Dinas PU Bina Marga Musi Rawas, merayakan hari jadi bakti PU ke- 76 bersama seluruh jajaran staf dan awak media,” Ujar H Azhari, ST Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPU-BM) Kabupaten Mura pada wartawan (7/12).

Diharapkan, dengan adanya peringatan bakti PU Ke – 76 ini semua jajaran yang ada di Dinas PU Bina Marga dapat bekerja lebih semangat dan giat lagi. Untuk mewujudkan Insfratruktur semakin baik dan berkualitas kedepannya, demi mewujudkan program pemerintah kabupaten dengan baik dan sesuai dengan VISI pemerintah daerah yakni, Terwujudnya Musi Rawas yang Maju, Mandiri, dan Bermartabat (MANTAB). (Rudi Tanjung)

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite