Segera Bangun Jembatan Darurat Air Bayau, Bantu Korban Kebakaran Rantau Kasih

Laporan: Agus Subhan Bakin
EMPATLAWANG-Pemerintah Kabupaten Empat Lawang segera membangunkan jembatan darurat untuk akses yang menghubungkan dua kecamatan yang terputus karena Jembatan Air bayau yang ambruk menggunakan APBD Empat Lawang Tahun 2021.

Usai Meninjau dan memberikan bantuan ke korban kebakaran, Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad didampingi Ketua TP PKK Empat Lawang, Hj Hepi Safriani Joncik, meninjau Lokasi Jembatan Air Bayau yang ambruk di Desa Muara Danau Kecamatan Lintang Kanan, Minggu Sore (4/4).

“Untuk penanganan darurat didanai oleh APBD 2021, untuk permanen mau diusulkan melalui APBD Sumsel dan kalau memungkinkan juga diusulkan melaui APBN,” kata Joncik.

Jembatan Air Bayau ambruk dikarenakan tiang tengah jembatan roboh akibat disapu arus air bayau. Lokasi jembatan berada di Desa Muara Danau, Kecamatan Lintang Kanan, Sabtu (3/5) sekira pukul 03.00 dini hari.

Akibat putusnya jembatan air bayau, akses warga dua kecamatan terancam terinsolir. Diketahui jembatan air bayau tersebut merupakan salah satu akses utama antara warga kecamatan Muara Pinang dan Lintang Kanan, Kabupaten Empat Lawang. Akibat robohnya jembatan tersebut akses warga otomatis terputus.

“Akibat curah hujan yang tinggi sehingga debit air bayau naik kemudian, menghantam tiang pancang terbuat dari beton sehingga menyebab tiang roboh akibatnya jembatan terbelah,” terang salah seorang warga disekitar jembatan, Sarkowi.

Berdasarkan pantauan dilapangan warga  kecamatan lintang kanan, tertutama anak-anak yang mau sekolah, terpaksa melintas di atas jembatan dengan cara menggunakan tangga sehingga tetap bisa melintas.

Kepala Desa Muara Danau Wazi saat dimintai konfirmasi membenarkan jika rusak atau putusnya jembatan Air Bayau akibat naiknya volume Sungai Air Bayau yang ada di desanya.

“Memang hujan deras dari semalam, dimana sekitar pukul 2 air sungai sudah besar kemudian pukul 3 jembatan putus” Kata Wazi.

Wazi juga menambahkan pihaknya telah membuat tangga kayu darurat untuk masyarakat yang akan beraktivitas dan bepergian menuju kecamatan muara pinang ataupun sebaliknya.

“Kami sudah membuat Dua buah tangga darurat khusus untuk warga Lintang Kanan yang memang mempunyai aktivitas di Muara Pinang, begitupun sebaliknya,” ujar Wazi.

Ditempat berbeda, <span;>Bupati Empat Lawang,  H Joncik Muhammad didampingi Ketua TP PKK, Hj Hepi Safriani Joncik, meninjau serta memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Desa Rantau Kasai Kecamatan Lintang Kanan, Minggu Sore (4/4).

“Bantuan ini sifatnya darurat spontan dari Pemkab untuk para korban kebakaran, untuk meringankan beban para korban kebakaran,” kata Joncik.

Dirinya juga berpesan kepada para korban kebakaran untuk tetap bersabar dan ikhlas dengan musibah yang menimpah tersebut.

“Ini adalah ujian semoga dengan ujian ini bisa menaikkan derajat kita. Yakinlah ke depan rezeki kita lebih dari pada yang telah hilang , dan untuk masyarakat yang lain jadikan musibah ini sebagai contoh agar lebih hati-hati apabila hendak meninggalkan rumah baik untuk pergi ke kebun maupun ke kantor. Harus memastikan sumber api seperti kompor dan sebagainya sudah benar-benar aman,” tuturnya.

Pihaknya, lanjut Joncik, akan melaporkan berbagai kejadian musibah di Empat Lawang ke Provinsi Sumsel agar segera mendapat bantuan.*

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite