Rapat Paripurna DPRD Mura, Dengarkan Jawaban Eksekutif Atas APBD 2020

MUSI RAWAS, MP– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Musi Rawas menggelar rapat paripurna membahas jawaban eksekutif atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Musi Rawas Terhadap Raperda Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Musi Rawas Tahun Anggaran 2020. Kegiatan digelar di gedung rapat paripurna DPRD Musi Rawas, Rabu (16/06/021).

Sidang paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Azandri, S.IP, dihadiri Bupati Mura Hj Ratna Mahmud Amin, Wakil Bupati Hj. Suwarti, Forkopimda diantaranya Kapolres AKBP. Efranedy, Kajari Willy Ade Chaidir, Perwakilan Dandim 0406 MURA, Perwakilan Kaden Brimob, Kakan Menag, Sekda Drs. Edi Iswanto, Kepala-kepala OPD, Dirut BUMD Perseroda, Camat, serta undangan lainnya.

Sekretaris DPRD Musi Rawas melaporkan jumlah anggota DPRD yang hadir dalam rapat paripurna berjumlah 22 orang dari 40 anggota dewan yang ada.
Kemudian ketua DPRD Musi Rawas Azandri, S.Ip sebagai pimpinan sidang paripurna mempersilahkan Bupati Hj. Ratna Machmud untuk jawaban eksekutif atas pemandangan fraksi-fraksi Dprd Kabupaten Musi Rawas, dalam kesempatan itu Bupati  menyampaikan terimakasih atas apresiasi tercapainya opini WTP dari BPK RI kepada seluruh fraksi DPRD.

Kemudian mengawali menjawab dan memberi tanggapan terhadap 10 poin pandangan fraksi PDI Perjuangan, yaitu pihak eksekutif setuju usulan kajian potensi retribusi daerah dan pendapatan dana bagi hasil PBB dengan melibatkan perguruan tinggi dan profesional. sependapat dan akan menjadi perhatian kami untuk merealisasikan belanja aset lainnya.

Sependapat untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, investasi dan kesehatan dan akan menjadi prioritas dengan menyesuaikan keuangan daerah. terhadap saran untuk mendongkrak pencapaian pendapatan daerah dalam hal ini pemkab sudah melakukan upaya intensifikasi dan intensifikasi untuk investasi jangka panjang. akan lakukan upaya persuasif agar perusahaan yang ada di MURA bisa menunjang PAD dan penggerak pembangunan infrastruktur. tapal batas desa diakomodir pada RAPBD 2022, akan mengalokasikan anggaran pilkades dan pelaksanaan sesuai jadwal.

Usulan pelantikan kades dilaksanakan per zona akan disesuaikan dengan peraturan yg berlaku dan tetap mematuhi prokes dan sependapat untuk percepatan pelaksanaan kegiatan infrastruktur TA 2021 dan menjadi prioritas bersama guna terwujudnya Musi Rawas MANTAB.
 
Menjawab 5 point pandangan fraksi Golkar, Bupati menyampaikan sepakat untuk peningkatan belanja modal, dalam hal agar ditingkatkan pajak daerah,retribusi dan pendapatan dari pihak ketiga bahwa pemkab telah menyusun kajian potensi pajak dan retribusi serta telah melakukan analisis kelayakan investasi untuk penyertaan modal terbaru kepada Bank Sumsel Babel untuk meningkatkan deviden dan secara persuasif melakukan pendekatan kepada perusahaan yang berinvestasi di MURA.

Sependapat memprioritaskan belanja infrastruktur dan sependapat program pemda dengan landasan payung hukum dan kesediaan anggaran.
Atas pandangan fraksi Partai Nasdem, pemkab akan secara berkala melakukan pembaruan data-data untuk PKH, PBI dan bansos lainnya.

Pemkab menjalankan program pemilihan ekonomi nasional untuk mempercepat penanganan pandemi covid19 dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pemkab akan lebih mengoptimalkan sistem pelaporan realisasi APBD dengan melakukan monev terhadap penyerapan realisasi APBD.

Dalam program infrastruktur pemkab sependapat melaksanakan mekanisme lelang lebih awal dan sesuai target yang ditetapkan. Harapan agar sasaran APBD sinergi dengan visi misi Musi Rawas MANTAB dan Sumsel naju untuk semua, pemkab akan melakukan penetapan anggaran sesuai Musrenbang daerah secara terpadu.

Terhadap pandangan fraksi Partai Gerindra, Bupati sependapat TPP ASN tepat waktu dan TPP telah dibayarkan tepat waktu sesuai prosedur yang berlaku. Melalui perangkat daerah akan memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan APBD 2021 agar berjalan sesuai senja yang ditetapkan.

PTerimakasih atas dukungan fraksi gerindra untuk membahas raperda pertanggungjawaban APBD 2020 pada tingkat selanjutnya dan sependapat saran untuk pemkab melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi di bidang pembangunan, investasi dan kesehatan
Menjawab pandangan fraksi PAN, Bupati menyampaikan terimakasih atas apresiasi peningkatan PAD 2020 dan sependapat agar menggunakan anggaran 2021.

Dengan skala prioritas Ratna juga menyampaikan saran dari fraksi PKB Bersatu agar pendapatan daerah di gunakan untuk kesejahteraan masyarakat, Bupati menyatakan sependapat atas saran tersebut dan juga sependapat saran untuk menggali potensi PAD, melalui OPD terkait akan melakukan kajian terhadap sumber-sumber pendapatan yang potential baik dari PAD, Pendapatan transfer dari pemerintah pusat dan Provinsi.

Terakhir atas pandangan fraksi Bintang Keadilan agar Pemkab melakukan terobosan dalam meningkatkan APBD, pemkab melakukan penetapan anggaran sesuai usulan OPD berdasarkan Musrenbang daerah yang pelaksanaannya dilakukan secara terpadu.

Saran agar pembangunan kegiatan fisik mengutamakan kualitas daripada kuantitas, Bupati menjawab akan lakukan pemetaan kegiatan fisik yang relevan untuk diprioritaskan dan sependapat atas saran penggunaan anggaran 2021 tepat sasaran dan Bupati ucapkan terimakasih atas dukungan fraksi Bintang Keadilan untuk membahas ke tingkat selanjutnya. (ADV).

The post Rapat Paripurna DPRD Mura, Dengarkan Jawaban Eksekutif Atas APBD 2020 appeared first on MediaPerubahan.Com.

Sumber : Berita Selengkapnya…

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite