Rangkaian Hapernas XIV, Gubernur Sumsel Buka Pameran Property dan Talkshow

Kabarkite.com, LUBUKLINGGAU-Gubenur Sumsel, H Herman Deru didampingi Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe beserta jajaran Pemprov Sumsel dan Pemkot Lubuklinggau membuka kegiatan pameran Property dan Talkshow dalam rangkaian Hari Perumahan Nasional (Hapernas) XIV Tingkat Provinsi Sumsel tahun 2021, bertempat di Auditorium Matahari Store Lippo Plaza Kota Lubuklinggau, Sabtu (25/9).

Tema yang diusung dalam pameran Property ini adalah “Perumahan untuk semua” membangun semangat kepedulian pembangunan perumahan dan kawasan masyarakat luas.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Menurutnya, persoalan akan kebutuhan rumah sangatlah besar. Oleh karena itu perlu dicari solusi terbaik. “Mengapa biaya pembagunan rumah di Sumsel sangat besar dibandingkan daerah lain, karena biaya tanah sangat tinggi. Oleh karena itu harus dicari solusi bagaimana menekan harga tanah dan mengajak orang agar tertarik untuk menjadi developer,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengatakan atas nama Pemkot Lubuklinggau dirinya menyampaikan selamat datang kepada seluruh tamu undangan terkhusus ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumsel yang telah mempercayai Kota Lubuklinggau menjadi tuan rumah Hapernas XlV Tingkat Provinsi tahun 2021.

Masih kata Nanan—sapaan akrab H SN Prana Putra Sohe–apabila tidak didukung oleh infrastruktur jalan, tentu mempersulit pihak pengembang perumahan. Oleh karena itu, Pemkot Lubuklinggau dalam beberapa tahun terakhir telah membuka akses jalan tersebut.

Bahkan di kawasan wisata terpadu Petanang juga dibangun jalan melalui anggaran bantuan dari Gubernur Sumsel senilai Rp 30 M. “Insya Allah tahun ini akan selesai,” tandasnya.

Dirjend Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PU Dr. Ir. Herry Trisaputra menyampaikan dirinya mengajak berbagai elemen untuk bersama-sama membangun Sumsel tanpa harus mengandalkan APBD dan APBN. “Mari kita kolaborasi mencari solusi bersama-sama. Sudah ada 751 unit rumah bantuan pemerintah berupa BP2BT,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim Provinsi Sumsel, Ir. Basyaruddin Akhmad mengungkapkan Hapernas yang diperingati setiap tahun, dilatarbelakangi Kongres Perumahan Rakyat Sehat yang dibuka oleh Wakil Presiden pertama Mohammad Hatta pada 25-30 Agustus tahun 1950. Selanjutnya oleh Kementerian PU, pada tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hapernas.

Hapernas XlV Tahun 2021 Tingkat Provinsi Sumsel diselenggarakan di Kota Lubuklinggau. Untuk selanjutnya akan diadakan di kabupaten/kota lainnya sesuai misi Sumsel Maju untuk semua.

Ada beberapa lomba yang sudah dilakukan yakni desain pembanguan gerbang perumahan, fotografi rumah kumuh, desain tempat podcast dan sudah dilakukan kegiatan gowes dan juga peninjauan lokasi rumah PB2BT di Lubuklinggau dan Musi Rawas bersama Dirjend Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kemen PUPR yang akan direncanakan membangun 750 rumah.

Kemudian penandatanganan MoU PT. BTN Persero dengan PT. Karya Anak Bangsa, MoU antara BNI dengan PT. Karya Anak Bangsa, MoU antara PT. BTN dengan PT. Andalas untuk BP2BT di Lubuklinggau, MoU antara PT. Bank Sumsel Babel dengan PT. Andalas untuk BP2BT Lubuklinggau, MoU BTN dengan PT. Andalas untuk BP2BT Lubuklinggau, MoU PT. LEN Agra Surya Energi dengan tim fasilitas.

Talk show diisi oleh Direktur PT. Agra Surya Energy Harvey Tjokro dengan tema “Peran PT. Agra Surya Energy dalam meningkatkan kebutuhan listrik ramah lingkungan”, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kemen PU Dr. Herry Trisaputra Zuna dengan tema “Peran Pembiayaan Infrastruktur dalam Mengatasi Kesenjangan Kebutuhan Infrastruktur Perumahan MBR, Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achamd Syamsuddin.

Direktur PT. Sarana Multi Griya Finansial, Herlian Topo dengan tema “Tanggungjawab Sosial Negara dalam Mengatasi Backlog Perumahan”, Kepala Badan Pengelolaan Tabungan Perumahan Rakyat, Arif Baginda Siregar MBA dengan tema “Kolaborasi Badan Pengelolaan Tabungan Perumahan Rakyat dalam Penyediaan Rumah Layak dan Terjangkau Huni bagi MBR” dan Dirjen Penyediaan Perumahan, Dr. Ir. Khawali AH. MSc. MM dengan tema “Peran Dirjend Penyediaan Perumahan dalam Mendukung Program Rumah Pertama Investasi Milenial”. (Adv)

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite