PWI Adakan Pelatihan Pengelolaan Informasi Berbasis Website dan Konten Video

LUBUKLINGGAU, MP – Bertempat di Ballroom Dewinda Hotel, hari ini, Sabtu (18/12) berlangsung Pelatihan Pengelolaan Informasi Berbasis Website dan Konten Video Bagi Perangkat Desa.

Acara pelatihan bagi operator Desa ini di buka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Ahmadi Zulkarnain diwakili oleh Kepala Bidang Fasilitas Keuangan Andrianto, Kapolres Musi Rawas diwakili Kasat Tes urin AKP. Dedi Rahmat Hidayat.

Kadis Kominfo diwakili Kabid Persandian Sefri Nugroho, Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Kabupaten Musi Rawas Dodi Johan, Ketua Forum Kades Kecamatan Tuah Negeri, Muara Lahiran, Suka Karya,  Ketua PWI Musi Rawas Jhuan Silitonga, Ketua PWI Kota Lubuklinggau Endang Kusmadi.

Mengambil tema Menuju Desa inovatif, Maju dan Mandiri dalam Menggapai Musi Rawas Mantab, Acara yang diinisiasi PWI Musi Rawas bekerja sama dengan Dinas PMD Kabupaten Musi Rawas, seyogya nya berlangsung selama 5 ( Lima ) Gelombang 18-23 Desember 2021. Acara pembukaan dimulai pukul 10.30.

Ketua Apdesi Musi Rawas Dodi Johan dalam kata sambutannya mengucapkan rasa terimakasi kepada perangkat desa yang turut hadir mengikuti pelatihan ini yang insha Allah bisa bermanfaat bagi desa jika diaplikasikan ilmu yang di dapat tersebut bisa memajukan desa.

Kades Mandi Air Ini juga Mengeluhkan jaringan internet dimana masih banyaknya blank spot di desa-desa kabupaten Musi Rawas mencapai 60 sampai 70 %, dalam kesempatan itu juga Dodi mengapresiasi rekan- rekan media, media adalah mitra yang sangat baik bagi kami dalam menyiarkan pembangunan dan pelayanan publik di desa-desa, semoga dengan kegiatan pelatihan ini, ilmu yang didapat bermanfaat bagi desa, juga secara umum bagi daerah kabupaten Musi Rawas.

Inisiator pelaihan pengelolaan informasi berbasis website, PWI Musi Rawas Jhuan Silitonga mengatakam kemajuan teknologi tak bisa dielakkan, di era digitalisaai ini, hampir semua lini hingga kepada pelayanan dan informasi telah menggunakan Teknologi Informasi.

Kemajuan yang ada di desa, potensi wisata, budaya dan kearifan lokal hingga pembangunan yang telah dilakukan di desa tidak dapat terekplor bila pengelolaan informasi di desa tersebut tidak berjalan.

Masih menurut Jhuan, atas dasar inilah, kami PWI Musi Rawas menginisiasi kegiatan ini, sebab, untuk mengelola informasi di era digitalisasi ini, dibutuhkan peningkatan Sumber daya manusia yang handal, sehingga pemanfaatannya pun akan tepat guna bagi masyarakat dan kemajuan desa.

Pada kegiatan Pelatihan Pengelolaan Informasi Berbasis Website dan Konten Video ini, ada tiga materi yang menjadi fokus dari pelatihan ini.

Pelatihan dan Pemahaman penulisan standart 5W + 1H (What, Where, When, Who, Why + How). Peserta akan dilatih sebagai Jurnalis desa dan diberikan pemahaman, bagaimana menulis yang memenuhi kaidah 5W + 1H tersebut.

Pelatihan Pengelolaan Informasi Berbasis Konten Video. Dimana, para peserta diberikan pemahaman tentang editing video yang nantinya dilatih sebagai editor video dengan menggunakan aplikasi addobe premier Konten video menjadi salah satu transportasi informasi yang lebih lengkap karena adanya audio dan visual.Melalui konten video ini, informasi di desa baik itu potensi wisata, pembangunan dan kemajuan
masyarakatnya dapat di eksplor dan di publikasi menggunakan sarana dan prasarana media sosial berupa youtube desa.

Pemahaman dalam mengelola Website Desa
Para Peserta akan diberikan pelatihan dan Pemahaman bagaimana mengelola website desa yang nantinya di setiap desa akan tersedia operator website desa, yang akan membantu pemerintah desa dalam merencanakan, melaksanakan dan mekomunikasikan proses pembangunan desa ke depan.

Hadirnya Website Desa sebagai media desa, akan dapat membantu desa dalam menyampaikan informasi yang ada di desa tersebut. Sehingga aktifitas dan kemajuan desa akan dapat diketahui dengan mengakses website.

Jhuan juga menjelaskan waktu pelaksanaan kegiatan Pelatihan ini, dilaksanakan selama 5 hari yang terbagi menjadi 5 kelas. Diikuti 160 peserta dari 160 desa di 13 kecamatan kecuali Kecamatan Purwodadi.

Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada kepaĺa desa yang bersedia mensupport kegiatan ini, dan OPD terkait serta pihak kecamatan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Kapolres Musi Rawas diwakili Kasat Reskrim AKP. Dedy Rahmat Hidayat dalam kesempatan itu juga mengatakan agar kegiatan ini benar2 bermanfaat bagi desa, pelatihan pengelolaan informasi berbasis website ini sangat baik sekali, hal ini sesuai tuntutan zaman yang sudah tidak manual lagi tetapi kita sudah memasuki era digitalisasi yang serba online.

Dalam hal ini Kasar Reskrim juga menyampaikan pesan dari Kapolres bahwa kegiatan vaksin ini adalah wajib diikuti bagi masyarakat oleh karena itu dalam kesempatan ini kami menghimbau Kepala Desa dan perangkat Desa untuk mengarahkan masyarakatnya untuk melakukan vaksin, hingga saat ini sudah 60 % persen lebih masyarakat musi rawas yang sudah di vaksin.

Mengakhiri kegiatan opening ceremony , dilakukan penyematan secara simbolis ID Card bagi mewaki pelatihan desa lubuk pandan dan desa banpres(*)
 

The post PWI Adakan Pelatihan Pengelolaan Informasi Berbasis Website dan Konten Video appeared first on MediaPerubahan.Com.

Sumber : Berita Selengkapnya…

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite