PKB Musirawas Siap Kawal Implementasi Dana Abadi Pesantren

Kabarkite.com, Musirawas – Dewan Pengurus Cabang PKB Kabupaten Musirawas siap Mengawal dan mengawasi Implementasi Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren yang telah ditandatangani oleh Presiden Joko Wododo

Salah satu hal yang diatur dalam Perpres tersebut adalah tentang Dana Abadi Pesantren. Ketua DPC PKB Musirawas, H Mochpianto didampingi oleh Sekretaris H Taslim dari Fraksi PKB Musirawas mengatakan pihaknya menyambut gembira atas telah ditandatanganinya Perpres tersebut dan Dana Abadi Pesantren harus bisa mendukung keberlangsungan pondok pesantren yang selama ini masih tertinggal.

“Dana abadi pesantren adalah salah satu sumber pendanaan kegiatan pesantren. Dana itu disediakan oleh pemerintah pusat dan daerah serta pihak lain untuk pondok Pesantren,” kata H Mochpianto.

Karena itu PKB Kabupaten Musirawas siap mengawal perpres tersebut untuk kepentingan pendidikan di pondok pesantren di Musirawas karena Perpres ini merupakan permintaan dari Partai Kebangkitan Bangsa kepada Presiden untuk memperhatikan Pondok Pesantren.

“Pemerintah menyediakan dan mengelola dana abadi pesantren yang bersumber dan merupakan bagian dari dana abadi pendidikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kami dari PKB beserta Fraksi di DPRD Siap mengawal dan mengawasi, serta dalam waktu dekat ini kami akan mengadakan sosialisasi ke Pesantren-pesantren” tegas nya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Perpres tersebut sudah diteken Jokowi pada 2 September 2021 lalu dan baru diumumkan pada Selasa (14/9).

Di dalamnya juga diatur tentang dana abadi pesantren dan dana hibah. Dana hibah bisa berasal dari dalam negeri maupun luar negeri yang sah menurut undang-undang yang berlaku.(*)

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite