Pilkades Metode Manual Dievaluasi

Laporan: Eko Mustiawan
MUSIRAWAS-Banyaknya permsalahan dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 2021, pilkades secara manual akan dievaluasi. Demikian disampaikan Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura), Firdaus Cik Olah (FCO), kepada Musirawas Ekspres, Rabu (14/4).

“Perlu dievaluasi lagi kedepannya, Pilkades mengunakan metode manual,” kata dia.

Lanjut ia, evaluasi akan dilakukan secara menyeluruh, jika kembali mengunakan metode elektronik voting (E-voting), maka sistem maupun peralatannya dievaluasi.

“Evaluasi sangat perlu, karena pilkades serentak 2021 banyak gugatan yang dilakukan calon kepala desa terhadap hasil pemilihan,” ujarnya.

Menurut FCO, yang menjadi permasalahan dalam pilkades serentak 2021, bangak kertas suara rusak atau tidak sah, bahkan ada beberapa desa, masyarakatnya tidak bisa menggunakan hak pilih dengan berbagai permasalahan.

“Terkait pengaduan atau gugatan, hendaknya pihak terkait dapat membuat keputusan yang bijak, sehingga bisa diterima semua pihak,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Mura, AKBP Efrannedy mengatakan, sejauh ini Pilkades pelaksanaan Pilkades pada Kamis 8 April lalu berjalan dengan kondusif, kendati ada beberapa ria-ria yang terjadi. Bahkan, dari 112 Desa yang melaksanakan Pilkades, ada satu Desa yang harus terpaksa ditunda, karena demi situasi keamanan.

“Alhamdulillah, semua berjalan lancar dan Desa yang kita tunda juga masih kondusif dan yang sudah melaksanakannyapun tetap kondusif,” kata Kapolres Mura, AKBP Efrannedy, kepada Musirawas Ekspres, kemarin.

Kapolres juga menjelaskan, memang ada beberapa desa, yakni kurang lebih 14 Desa yang melakukan gugatan Pilkades. Dia juga mempersilahkan, karena memang itu hak konstitusi masyarakat.

Sementara itu, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud mengatakan, sebanyak 112 Desa sudah melakukan Pilkades dan berjalan dengan aman dan tertib. Memang ada beberapa desa yang mengajukan keberatan sebanyak empat desa dan satu desa ditunda karena kondisinya kurang kondusif.
“Kami memberikan apresiasi kepada Polres dan Dandim 0406/MLM, yang memberikan pengamanan secara maksimal selama berlangsung Pilkades,” pungkas Bupati.*

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite