Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 H Desa Muara Batang Empu Adakan Berbagai Perlombaan

Kabarkite.com, Muratara–Warga Desa Muara Batang Empu Kecamatan Karang Jaya,kabupaten Musi Rawas Utara, Rayakan berbagai perlombaan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam,1 Muharam 1443 Hijriah.

Kepala Desa Muara Batang Empu Budi Iswadi Kepada Wartawan media Kabarkite.com, saat di temui diakhir acara kegiatan Sabtu malam (21/8/2021), mengungkapkan,kegiatan perlombaan tersebut dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam, memperkuat dan memperkokoh keislaman ,juga merupakan ajang silaturahmi antar warga.

“Sudah dua tahun terahir ini kita mengadakan peringatan satu muharam dengan acara yang seperti ini.artinya memang kita percayakan sepenuhnya pelaksanaan dari hari besar Islam ini kepada pemuda pemudi desa Muara Batang Empu.”Jelas dia.

Kades Budi juga mengatakan acara perlombaan tersebut dimulai dari 1 Muharam sampai 10 Muharam, Memperebutkan piala bergilir.

” Alhamdulillah acara berjalan lancar,semua menyambut Tahun Baru Islam dengan suka cita”, kata kades Budi senang.

Oleh karena itu saya selaku kepala desa dalam kesempatan yang berbahagia ini mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada ketua pelaksana acara dan anggota panitia lainnya yang telah mengkondisikan mengoordinasikan semua kegiatan dalam perlombaan peringatan dalam peringatan 1 muharam .” ujar kades Budi.

Adapun jenis perlombaan yaitu :
1 lomba Azan putra.
2 lomba Tartil
3 tilawa
4 ayat pendek
5 pidato
6 Bilal
7 hutbah
8 menghapal Asmaul Husna
Perlombaan memperebutkan piala bergilir ini untuk setiap dusun dan TPA ,diikuti Tingkat SD SMP SMA,dan dewasa.
Sementara itu ketua panitia Ilham Satria mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan oleh pemdes Muara Batang Empu yang langsung dimotori oleh kades Budi Iswadi.

” Ini acara rutin tahunan desa kita,dimana memperebutkan piala bergilir tingkat desa ,peserta lomba yakni tingkat SD,SMP ,SMA ,dewasa,Anggota TPA dan perwakilan setiap dusun”, Tutur Ilham Satria.

Ia berharap dengan dengan peringatan satu muharam ini kita jadikan momentum.untuk memperbaiki tingkah laku prilaku dalam meningkatkan ke imanan dan ketakwaan kita pada Allah SWT.

Di jelaskannya bahwa Kegiatan ini sumber dananya dari pemerintah Desa. Untuk piala bergilir dimenangkan apabila setiap dusun banyak memenangkan perlombaan .

” Yang mendapatkan piala bergilir dimenangkan oleh dusun 2,dan diterima oleh kadus, untuk TPA di menangkan oleh Nurul iman diserahkan ke guru ngaji Zainul Amri”, jelas Ilham.

Jurnalis : tim 13

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite