Peringatan Hari Pahlawan, FKUB adakan Vaksin Massal dan Sosialisasi ke Pemuda dan Pelajar

*FKUB Bekali Implementasi Kerukunan Kepada Pelajar dan Pemuda Peringati Hari Pahlawan

Kabarkite.com, Lubuklinggau – Bertepatan dengan momentum Hari Pahlawan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lubuklinggau, Rabu (10/11/21) menggelar sosialisasi kerukunan terhadap pelajar dan pemuda di Museum Subkoss Garuda. Dalam sosialisasi ini, juga dibentuk Pemuda FKUB. Kegiatan ini diikuti perwakilan sekolah dan pembentukan Forum FKUB oleh ormas kepemudaan lintas agama.

Ketua FKUB, Drs. KH. Ismurizal menyampaikan, refleksi Hari Pahlawan ini, untuk mengingatkan kembali kepada kalangan pelajar dan pemuda, bahwa semangat untuk merdeka itu adalah dari hasil keinginan bersama untuk mencapai kemerdekaan oleh lintas pemuda dari berbagai agama.

“Hari ini, pemuda dan pelajar yang merupakan generasi penerus, mendapat pemahaman lewat kerukunan inilah, perjuangan kemerdekaan sapat diraih. Kalau memang semuanya rukun juga segalanya kembali pada etika, yakni kembalikan kearifan lokal masing-masing, bukan trennya sekarang banyak bersandar terhadap yang berbau luar,” ujarnya.

Disisi lain, H.Muhammad Rais dari Kemenag Lubuklinggau, selaku narsumber sangat mengapresiasi dialog pemuda di hari pahlawan.

“FKUB sebagai lembaga yang memelihara kerukunan mengajak para pemuda dan pelajar yang merupakan pewaris atau generasi yang menjalani nikmat kemerdekaan ini. Berangkat dari kemajemukan Bangsa Indonesia dan kerukunannya lah membuat kita merdeka bersatu sepakat membangun NKRI. Itu adalah pemberian Allah SWT terhadap Indonesia, karena dipandang mampu membangun bangsa lewar kemajemukan dengan dasar ondasi kerukunan, agar tercipta keharmonisan dalam menjalankan agama masing-masing. Maka dari itu dengan agenda besar Gerakan Moderasi Agama 2024, bukan untuk memoderasi agamanya, tapi lebih kepada pemahaman dan pengamalan ajaran agama seimbang dengan keyakinan yang kita miliki,” ungkapnya.

Sementara, Taufik hidayat, Kabid Wasbang Badan Kesbangpol menambahkan, bahwa Pemkot melalui Kesbangpol dan FKUB sangat mendukung untuk penguatan kerukunan umat beragama.

“Memperkuat kerukunan umat beragama di kalangan pelajar dan pemuda, karena generasi muda memiliki tanggung jawab besar mengimplementasikan kerukunan tersebut,” jelasnya.(*)

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite