Penyaluran BLT DD, Tahap Pertama Desa Sumber Sari

Kabarkite.com, Muratara– Penyaluran BLT DD Desa Sumber Sari kecamatan Nibung Tahap Pertama Bulan Januari 2021 telah dilaksanakan dikantor desa pada hari Rabu (7/4/2021).

Pemerintah desa menyalurkan sebanyak 53 BLT kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).Jumlah tersebut sesuai dengan hasil pendataan KPM yang diperoleh dari muasyawarah di tingkat desa.

Adapun penentuan penerima BLT didasarkan pada keluarga yang belum pernah menerima bantuan dari Pemerintah baik melalui PKH, BPNT, KKS, BST maupun program bansos lain. Kriteria tersebut ditetapkan agar memudahkan pendataan calon KPM agar tidak menerima bantuan ganda yang bersumber dari anggaran Pemerintah, sehingga dapat terjadi pemerataan penyaluran bantuan.

Penyaluran BLT dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti mempersiapkan tempat duduk berjarak agar tidak terjadi kerumunan, melakukan pengecekan suhu sebelum memasuki kantor desa mencuci tangan, serta mengenakan masker.

Masing-masing KPM menerima bantuan sejumlah Rp. 300.000,- yang bersumber dari Dana Desa. Hal tersebut sesuai dengan instruksi PMK-222 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021 yang didalamnya memuat bahwa BLT DD harus dilaksanakan selama 12 bulan.

Kades desa Sumber Sari H.Misfani berharap dengan adanya BLT DD ini dapat memberikan sedikit dukungan kepada warga dalam menjalani hidup ditengah Pandemi Covid-19.

” Harapanya supaya masyarakat penerima BLT-DD bisa memanfaat uang tersebut untuk kebutuhanya sehari-hari”.

Ia juga mengatakan bahwa Hari ini juga melakukan Murtuap Check Up (0%) untuk pembangunan Fisik Tahun 2021 yakni Pembangunan Jambanisasi,Pembangunan Posko Pencegahan Covid-19, Pembangunan penutup Drainase,dan Pengadaan Mobil Ambulance Desa semuanya bersumber dari Dana Desa Tahun 2021,Bila dalam hal pembangunan ini nanti kita juga akan menerap PKTD 50% dari Anggaran pembangunan yang sesuai dengan Peraturan Kemendes.

Plt Camat Nibung Suharto juga menyampaikan.”Desa Sumber Sari ini merupakan Desa yang memiliki SDM mumpuni yang cepat untuk melakukan penyaluran Dana Desa ini berkat kerja sama Pihak Desa dengan Pendamping Lokal Desa (PLD) yang terus aktif dalam berbagai hal yang ada di Desa Binaanya.

” Desa Sumber Sari ini adalah Desa memiliki banyak Prestasi,seperti Pembangunan Desa Terbaik Tingkat Kabupaten,Pelaporan Keuangan terbaik tingkat Kabupaten,Serta peringkat Program PKK pun tingkat Kabupaten”,Tutup Pak Camat.

(Putra).

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite