Penandatanganan Nota Kesepakatan RPJMD Musi Rawas 2021-2026

MUSI RAWAS, MP – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Rawas menyelenggarakan Rapat Paripurna Penandatangan Nota Kesepakatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026, diruang paripurna, Rabu (16/6/2021)

Acara dihadiri oleh Bupati Musi Rawas Ratna Machmud, Wakil Bupati Suwarti, Ketua DPRD Mura Azandri, Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II DPRD Mura, Sekretaris Daerah Musi Rawas, Kejaksaan, Kapolres Mura, Direktur BUMD, Forkompimda dan Kepala OPD se-Kabupaten Mura.

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh ketua DPRD Mura Azandri.S.Ip, Wakil ketua I Firdaus Cikolah, Wakil Ketua II Hendra Hadi Kusuma serta dihadiri Bupati Mura Hj. Ratna Machmud, Wakil Bupati Mura Hj Suwarti, Pj Sekda Drs. Edi Iswanto dan 23 Anggota DPRD Mura dan Forkompimda, kepala-kepala OPD. Dengan mengetok palu, Ketua DPRD menyatakan sidang dibuka dan terbuka untuk umum.

Dalam pidato pengantarnya nya Ketua DPRD Azandri, S.Ip memaparkan dalam rangka penandatangan nota kesepakatan rencana awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten Musi Rawas 2021-2026 berdasarkan pasal 47 ayat 1 Permendagri Nomor 86 tahun 2017 “Rencana awal ( Ranwal) RPJMD disusun sejak dilantik.

RPJMD merupakan penjabaran dari visi misi dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran , strategi dan arah kebijakan pembangunan daerah dan keuangan daerah serta program perangkat daerah serta lintas perangkat daerah yang disertai kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 tahun yang di susun dengan berpedoman pada RPJPD-RTRW dan RPJMM.

Ditandatangan oleh Ratna Machmud jabatan Bupati Musi Rawas bertindak selaku dan atas nama pemerintah untuk selanjutnya disebut pihak pertama. Selanjutnya ditandagangan oleh Azandri jabatan ketua DPRD Musi Rawas sebagai ketua DPRD bertindak selaku dan atas nama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah disebut pihak kedua.

Dalam pasal 49 ayat 2 permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi Raperda tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah ( RPJPD) dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD. Rencana Kerja Pemerintah Daerah menyatakan kepala daerah mengajukan Ranwal RPJMD kepada DPRD untuk dibahas dan memperoleh kesepakatan.

Menyatakan kepada daerah mengajukan rancangan awal RPJMD kepada DPRD untuk dibahas dan memperoleh kesepakatan pada pasal 49 ayat 4 Sebutkan pembahasan dan kesepakatan terhadap rancangan awal rpjmd sebagaimana dimaksud pada ayat 2 paling lambat 10 hari sudah diterima oleh ketua DPRD pada ayat 5 di Sebutkan hasil pembahasan dan kesepakatan sebagaimana dimaksud pada ayat 48 sepakatan yang ditandatangani oleh Kepala Daerah dan ketua DPRD.

Pada pasal 49 ayat 4 disebutkan pembahasan dan kesepakatan Ranwal RPJMD sebagaimana dimaksud pada ayat 2 ” Paling lambat 10 hari sejak diterima DPRD” Pada ayat 5 disebutkan hasil pembahasan dan kesepakatan sebagaimana pada ayat 4 dirumuskan dalam nota kesepakatan yang ditanda tangani kepala daerah dan Ketua DPRD.

Pada ayat 6 disebutkan Ranwal RPJMD disempurnakan berdasarkan nota kesepakatan sebagaimana yang dimaksud pada ayat 5. Kemudian pimpinan sidang paripurna mempersilahkan kepada juru bicara DPRD M. Febriansyah membacakan laporan hasil pembahasan DPRD Kabupaten Musi Rawas Terhadap Ranwal RPJMD kabupaten Musi Rawas tahun 2021-202. Rangkaian Sidang Paripurna ditutup dengan pembacaan naskah nota kesepakatan Ranwal RPJMD kabupaten Musi Rawas 2021-2026 oleh Sekretaris DPRD Amir Hamzah, S.Sos. sekwan menjelaskan Pada ayat 6 disebutkan rancangan awal RPJMD berdasarkan kesepakatan sebagaimana dimaksud pada ayat 5 dan untuk selanjutnya dijadikan bahan konsultasi ke gubernur.

Berdasarkan hal tersebut di atas para pihak sepakat terhadap rancangan awal rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Musi Rawas 2021-2026. Secara lengkap rancangan awal rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Musi Rawas tahun 2021-2026 disusun dengan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan kesepakatan.
Demikian untuk dijadikan dasar dalam penyusunan rancangan pembangunan jangka menengah daerah tahun 2021 2026.

Kemudian dilanjutkan penanda tanganan nota kesepakatan Ditandatangani oleh Ratna Machmud jabatan Bupati Musi Rawas bertindak selaku dan atas nama pemerintah untuk selanjutnya disebut pihak pertama. Selanjutnya ditandagangan oleh Azandri jabatan ketua DPRD Musi Rawas sebagai ketua DPRD bertindak selaku dan atas nama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah disebut pihak kedua. (ADV)

The post Penandatanganan Nota Kesepakatan RPJMD Musi Rawas 2021-2026 appeared first on MediaPerubahan.Com.

Sumber : Berita Selengkapnya…

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite