Owow! Bawang Merah Mampu Tembus Pasar Global, Bupati Muratara Ajak Masyarakat Bertani Bawang

Kabarkite.com,MURATARA – Bawang merah merupakan salah satu komoditas unggulan nasional yang mempunyai daya adaptasi luas dan bernilai ekonomi cukup tinggi.

Bawang merah dikenal sebagai sayuran yang kaya akan nutrisi. Kandungan Vitamin C dan antioksidan dalam Bawang Merah memberi manfaat yaitu meningkatkan imunitas tubuh.

Nilai tambah (value added) terhadap komoditas bawang merah itu sendiri, sebagai contoh bawang goreng, bawang crispy hingga pasta bawang.

Dilansir dari data BPS, nilai ekspor bawang merah pada tahun 2020 mencapai 13,74 juta dolar AS dengan negara tujuan utama ekspor Thailand.

Untuk itu, Pemerintah terus mendorong peningkatan produktivitas komoditas pertanian salah satunya bawang merah.

Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), Devi Suhartoni juga mengajak masyarakat nya untuk mengambil langkah emas ini, agar Kabupaten yang dipimpinnya dapat mandiri dan mendongkrak perekonomian rakyat.

Menurut Bupati Devi, potensi ekonomi petani bawang merah cukup menjanjikan kesejahteraan. Bawang merah tidak hanya dapat dipasarkan secara domestik, namun dapat dapat menjalar kepasar global.

“Selain harga bawang tersebut cukup tinggi dan stabil. Potensi ekspor ke luar Negeri juga ada,” tutur Devi Suhartoni, Jum’at (29/10/2021).

Tidak tanggung-tanggung, Bupati Muratara ini juga telah melakukan gerakan pembinaan secara langsung di lahan Desa Lesung Batu Kecamatan Rawas ulu.

“Program demplot di Lesung batu, ini adalah bagian dari program layanan dan edukasi terhadap masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Bupati, saat ini masyarakat Muratara, rata-rata masih memiliki potensi lahan tidur yang dapat dimanfaatkan, untuk dijadikan lahan yang produktif.

“Jadi masyarakat yang memiliki lahan tidur, baiknya ditanam tanaman produktif dan konsumtif. Salah satunya bawang merah,” sebut Devi Suhartoni yang juga Kader PDI Perjuangan ini.

(Red)

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite