Motivasi Mahasiswa, STAiS BS Gandeng PWI

, LUBUKLINGGAU – Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari (STAi BS), menggandeng kerjasama dengan PWI Lubuklinggau untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa-mahasiswinya. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Ketua PWI Lubuklinggau dan Ketua STAI BS, Jumat (8/1).

Ketua STAI BS, Ngimanudin menjelaskan mahasiswa perlu pengarahan dan motivator yang kuat dalam menempuh jenjang akademik. Apalagi STAI BS dirasa masih banyak kendala, seperti minim tenaga profesional termasuk Bidang Jurnalistik. Untuk itu, STAI BS perlu menggandeng lembaga profesional yang dapat meningkatkan kualitas mahasiswa.

“Dengan kerjasama ini, kami berharap para wartawan senior dapat memberikan pembekalan kepada mahasiswa mengenai kegiatan jurnalistik, seperti peliputan dan penulisan berita. Selain itu, perlu juga membangun jiwa enterpreneurship mahasiswa. Makanya kami juga mengundang pengusaha sukses untuk menjadi dosen tamu, yakni Dr Nanti Kasih yang juga menjabat Kepala Bappeda Mura, ” ujar dia.

Ketua PWI Lubuklinggau, Endang Kusmadi menjelaskan, saat ini wartawan yang sudah UKW di Sumsel tercatat sebanyak 664 orang. Rinciannya 111 utama, 93 madya dan 460 muda. Adapun
media terverifikasi secara administrasi sebanyak 46 media terverifikasi faktual sebanyak 48 media.

“Jumlah wartawan dan media justru lebih dari itu. Artinya masih diperlukan pula peningkatan kualitas bagi wartawan
Kerjasama ini, bagian dari peningkatan kualitas itu. Satu sisi anggota PWI yang nantinya sebagai dosen tamu, tentu harus membekali diri dengan pengetahuan yang lebih,” ujar Endang.

Demikian pula mahasiswa STAI BS khususnya prodi Komunikasi Penyiaran Islam, sejak dini harus mendapatkan pengetahuan dan ilmu mengenai jusnalisme yang baik sesuai UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik. “Karena itulah sejak dini mahasiswa harus memahaminya sehingga ketika menjadi wartawan maka akan menjadi wartawan yang baik,” kata Endang.*Dkj

Sumber Berita Selengkapnya…