Minggu Depan Rehabilitasi Irigasi BK 0 Hingga BK 17 Dimulai

Kabarkite.com , Muraling – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpera) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII yang ada di wilayah lintas daerah Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas (Mura). Menjadwalkan bulan ini akan segera melaksanakan rehabilitasi jaringan irigasi D.I Kelingi Tugumulyo.

“Pengeringan telah dilaksanakan, namun memerlukan waktu. Insa Allah rehabilitasi jaringan irigasi dari BK 0 hingga BK 17 Minggu depan akan segera dimulai oleh pihak rekanan, ” Ujar Aan Amin selaku Pelaksana Teknis Kegiatan kepada wartawan saat dibincangi diruangan kerjanya, Jumat (17/09).

Diceritakannya pelaksanaan rebilitasi irigasi ini dilaksanakan secara dua tahapan dan didanai dua tahun anggaran 2021-2022 melalui anggaran ABD/AIF sebesar Rp.28.995.561.167 dengan pelaksana sebagai pihak PT Karyatama Saviera.

Agar pelaksanaan rehabilitasi saluran irigasi itu berlangsung sesuai dengan harapan, Aan menyatakan bahwa, Kamis lalu pihaknya telah mulai lakukan pengeringan jaringan irigasi tahap pertama. Pengeringan itu dilakukan selama 4 bulan atau sampai Januari tahun depan, kemudian pintu air akan kembali di buka pada 15 Januari hingga 31 April 2022 atau selama 3,5 bulan.

Selanjutnya, jelas Aan pengeringan tahap kedua guna kembali laksanakan rehabilitasi jaringan irigasi akan dilakukan kembali selama 6 bulan tepatnya pada 1 Mei 2022 hingga 31 Oktober 2022.

“Tahapan awal pengeriangan irigasi guna rehabilitasi telah kita umumkan dimulai 16 September tahun ini, pintu air akan kembali dibuka pada bulan Januari hingga 31 April tahun depan. Setelah itu di bulan Mei akan kembali dilakukan pengeringan hingga ke bulan oktober 2022,” Jelasnya.

Diapun berharap, semua pihak dapat mendukung program pihak kementerian PUPR agar rebilitasi irigasi yang telah dijadwalkan dapat berjalan baik sesuai harapan. Rehabilitasi itupun, akan dilaksanakan secara spot-spot tergantung kerusakan jaringan irigasi yang ada.

“saya berharap semua pihak dapat mendukung kegiatan ini, agar rebilitasi irigasi berjalan sesuai harapan kita semua,” pungkasnya. (Rudi Tanjung)

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite