Media Bersama Adakan Seminar Ekonomi Kreatif

MUSI RAWAS, – Dalam rangka meningkatkan peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa, Media Bersama (MB) menggelar seminar Pemberdayaan BUMDes dan Pengembangan Ekonomi Kreatif, di Kecamatan Sumberharta Kabupaten Mura.

Seminar dengan mengusung tema “Peran BUMDes Dalam Meningkatkan Ekonomi Kreatif Ditengah Pandemi Covid-19” ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kantor Camat Sumberharta, Rabu (24/2/2021).

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Pelaksana Seminar, Andep Musrapa (Pimpinan Umum proatinpost.com) mengungkapkan bahwa MB merupakan suatu komunitas, perkumpulan atau pergerakan gabungan wartawan dari berbagai Media Cetak dan Online yang bertugas di Kabupaten Musi Rawas, Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Muratara (MLM), yang seiring sejalan dan satu tujuan serta memiliki satu Visi dan Misi yakni pemberdayaan masyarakat secara umum.

“Sebagai bukti pengabdian dan kontribusi dari sekumpulan wartawan untuk kemajuan daerah khususnya Kabupaten Mura, maka kita gelar seminar ini,” katanya.

Dijelaskannya, selaras dengan Permendesa PDT dan Transmigrasi No. 4 tahun 2015, bahwa Tujuan BUMDes adalah meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa.

“Jadi intinya, BUMDes didirikan untuk kesejahteraan masyarakat desa. Dengan diselenggarakan seminar ini, kami berharap BUMDes dapat berperan dan memberi kontribusi maksimal dalam upaya mengatasi berbagai persoalan ekonomi yang muncul di desa akibat pendemi Covid-19,” imbuhnya.

Sementara, dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan seminar, Plh. Bupati Mura, Ec Priskodesi yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Warindi, mengatakan apa yang dia sampaikan adalah amanat dari Plh. Bupati Mura.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Mura dan atas nama pribadi, kami sangat mengapresiasi kepada rekan-rekan wartawan yang tergabung di Media Bersama telah bersedia menyelenggarakan kegiatan seminar ini,” kata Warindi.

Kegiatan seperti ini, sambungnya, sangat membantu pemerintah daerah dalam mensosialisasikan apa itu BUMDes dan ekonomi kreatif. “Semoga kedepannya kegiatan ini akan terus berlanjut di kecamatan-kecamatan lainnya,” tutupnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan paparan-paparan dari narasumber sekaligus dilakukan sesi tanya jawab antara peserta seminar dengan narasumber.

Untuk diketahui, Seminar tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Mura Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Warindi, Camat Sumberharta, Dodi Turisno, Direktur Utama BUMD Mura, Andrianto (Narasumber/Pemateri), Kabid Pengembangan Kawasan Inovasi Desa dan TTG Dinas PMD Mura, Darmadi (Narasumber/Pemateri), Ketua Media Bersama, K Mahmud Salim (Kabiro Media Sriwijaya), Sekretaris Media Bersama, Faisol Fanani (Pimred JurnalIndependen.com), Bendahara Media Bersama, Anggit Prabowo (wartawan Muratara Expose), dan peserta seminar (Kepala Desa, Ketua BPD dan Ketua BUMDes) se-Kecamatan Sumberharta, serta Kepala Biro dan wartawan yang tergabung dalam Media Bersama. (Rilis MB)