Masyarakat Karang Dapo Demo, Persoalan Lahan Dengan PT DMIL

Kabarkite.com,
MURATARA – Masyarakat dari Kecamatan Karang Dapo kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) provinsi Sumatera Selatan, mengelar aksi demo di depan kantor bupati Muratara, Senin 14/6/2021.

Aksi demo masyarakat tersebut, menanyakan masalah persoalan lahan dengan PT Dendy Marker Indah Lestari (DMIL).

“PT DMIL sudah menduduki tanah ulayat hampir 25 tahun lebih, namun sampai saat ini tidak ada kontribusi yang baik kepada masyarakat Karang Dapo,” kata Iwan, salah seorang warga yang ikut aksi.

Ia mengatakan, tanah ulayat yang dikelola oleh DMIL sebanyak 17 ribu hektar, dan tanah milik warga Karang Dapo 5 ribu hektar. “Dari 5 ribu hektar, yang sudah diterima sekitar 430 hektar. Menurut kami itu tidak sebanding dengan tanah yang telah dikelola tersebut,” terang Iwan.

Ia juga mengatakan, jika tidak ada keputusan yang kongkrit baik dari Pemkab Muratara dan PT DMIL maka akan melakukan aksi yang lebih besar.

Asisten I Serda Muratara Susyanto Tunut, menjelaskan pihaknya akan melakukan rapat secara internal. Serta meminta masyarakat Karang Dapo bersabar.

“Nanti kami akan rapatkan secara internal terkait masalah tersebut, kita akan hadirkan pemimpin tertinggi Kabupaten Muratara untuk membahas dari pada tuntutan dari masyarakat”, jelasnya.

Di hadapan masyarakat yang Mengelar aksi demo tersebut, asisten 1 Susyanto tunut, menyampaikan, sesegera mungkin akan ditanggapi tuntutan pada hari ini. “Paling lambat besok akan diselesaikan, dan akan kita libatkan korlap. Untuk hari ini silahkan kembali ke rumah masing-masing, tunggu saja besok keputusannya,” tutupnya.

Jurnalis David

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite