Malam Puncak Peringatan Nuzul Qur’an, Masjid Nurul Hidayah Tampilkan Syarhil Qur’an

LUBUKLINGGAU- Ikatan Remaja Masjid (Irmas) dan Pengurus Masjid Nurul Hidayah Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, mengadakan malam puncak peringatan Nuzul Qur’an, Kamis (29/4) yang dihadiri langsung Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Lubuklinggau, Hasbi Mustofa.

Kegiatan malam puncak difokuskan di Masjid Nurul Hidayah Kelurahan Sumber Agung dan dilaksanakan setelah menggelar sholat Tarawih secara berjama’ah.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Irvan Arvani Sembiring, menerangkan bahwa kegiatan tersebut sebagai malam puncak dari berbagai rangkaian acara peringatan Nuzul Qur’an yang telah dilaksanakan.

“Malam ini sebagai malam pamungkas setelah berbagai kegiatan dan perlombaan kami laksanakan beberapa waktu yang lalu. Insya Allah dengan peringatan Nuzul Qur’an bisa menambah kecintaan kita kepada Al-Qur’an,” ujar Irvan dalam laporannya.

Malam peringatan Nuzul Qur’an di Masjid Nurul Hidayah juga digelar dengan cara yang berbeda dengan PHBI sebelumnya, alih-alih mengundang Ustadz untuk berceramah, Irmas Nurul Hidayah justru menampilkan Syarhil Qur’an yang diisi oleh da’i muda Kelurahan Sumber Agung, Chondri Prayogi sebagai Pensyarah, dan dua sahabatnya Al-Muhajirin selaku pelantun Tilawah dan Imam Fitrah sebagai pengucap Sari Tilawah.

Dalam tausyiahnya, Chondri menegaskan untuk selalu berpedoman dengan Al-Qur’an agar hidup terarah dan penuh makna.

“Al-Qur’an sebagai warisan nabi yang begitu luar biasa, bukan saja sebagai pengatur arah namun juga sebagai pembawa makna dalam hidup yang fana,” ujarnya bersemangat.

Penampilan Syarhil Qur’an disambut baik oleh jema’ah yang hadir sebagai hal yang baru yang menambah semangat. Tak terkecuali Ketua BKPRMI Lubuklinggau, Hasbi Mustofa. Dirinya menyambut baik apa yang dilaksanakan oleh Irmas Nurul Hidayah.

“Kegiatan ini sangat baik dan bagus, terutama dalam menyemarakkan bulan suci Ramadhan, sebagai ajang penggiatan remaja dalam memakmurkan masjid. Apalagi diisi dengan acara yang luar biasa, seperti perlombaan dan penampilan Syarhil Qur’an yang berbeda dari acara biasanya, semoga remaja masjid Nurul Hidayah tetap kompak dan semangat memakmurkan masjid,” ujar Hasbi.

Sementara itu, Ketua Irmas Nurul Hidayah, Deka Wahyudha, berharap agar ke depan pihaknya bisa melakukan hal yang lebih baik sebagai pemuda yang dekat dengan masjid.

“Alhamdulillah, acara yang terlaksana kemarin sudah cukup untuk mengajak serta memfasilitasi warga Sumber Agung guna memperingati malam turunnya Al-qur’an di masjid Nurul Hidayah, kendati demikian masih banyak kekurangan yang dimiliki oleh panitia acara dalam mempersiapkan seluk beluk pekerjaan sebelum, saat, dan setelah acara, mudah-mudahan ini akan menjadi pelajaran bagi kami ke depannya,” ujar pria yang juga berstatus sebagai siswa MAN 1 Model tersebut.

Sebelumnya, Irmas Nurul Hidayah juga menggelar berbagai cabang perlombaan antar Rukun Tetangga se Kelurahan Sumber Agung yang dilaksanakan dari Tanggal 22-27 April 2021 dengan empat cabang lomba, yakni Tartil, Hifdzil cabang 10 Surat, Hifdzil cabang 3 surat, dan Kultum.

Berikut nama-nama pemenang cabang lomba tersebut:

Juara lomba Tartil Al-Qur’an

1. Aril  dengan nilai : 46,41 RT. 01, TPA Cinta Rosul.

2. Zaskia Putri F dengan nilai : 44,16, RT. 02, TPA Cinta Rasul

3. Agilewa Dema P dengan nilai : 44,15 RT. 01, TPA Cinta Rasul.

Juara Tahfidz 1 :

1. Fathir Santosa dengan nilai 52,9 RT. 02, TPA Cinta Rosul

2. Andara nilai : 50,3 dari RT. 01

Juara Tahfidz 2 :

1. Celsi Berlina P dengan nilai : 43,83 RT. 06, TPA Darussalam

2. Shidiq Reno A dengan nilai : 40,75 Dari RT. 03

3. Asyifa Khoirunnisa dengan nilai : 40,08 dari RT. 01 TPA Nurul Jannah

Juara kultum :

1. Tasya Anjali Maghfiroh dari RT 01, TPA Darussalam nilai : 46,91

2. Fathir santosa dari RT. 02, TPA cinta Rasul nilai : 34,75

3. Niko Ramdhani dari Rt 04, TPA Kurnia nilai : 30,70

Kegiatan malam puncak peringatan Nuzul Qur’an Masjid Nurul Hidayah diakhiri dengan pembagian hadiah perlombaan dan berfoto bersama.

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite