LKS Unit Surulangun Diklat, Kepsek: Langkah Mencari Pemimpin Berakhlak dan Modern

Laporan: Bayu Pratama Sembiring

MURATARA-Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) Unit SMA Negeri Surulangun, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Muratara, mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) untuk calon anggotanya, Sabtu-Minggu (27-28/2).

Diklatsar yang dilangsungkan di lokasi SMA N Surulangun itu menghadirkan beberapa pemateri profesional yang memberikan tambahan wawasan kepada seluruh peserta.

Ketua Panitia Diklatsar LKS Unit SMA N Surulangun, Septia Kurnia, menerangkan materi apa saja yang diberikan untuk menambah pengetahuan peserta dalam diklat tersebut.

“Selama dua hari, ada empat materi ruangan yang diberikan, yaitu tentang Ke IKA LKS an yang diisi langsung oleh Ketua PB IKA LKS Muratara, kemudian materi kedua tentang Manajemen Waktu, Materi ketiga tentang Kedisiplinan dan Sopan Santun dan Materi Keempat tentang Kepemimpinan Manajemen Organisasi,” terang siswi yang juga aktif di OSIS itu kepada Mureks Online.

Selain itu, ada juga materi lapangan tentang Latihan Tekhnik Baris Berbaris (LTBB) dan dipamungkasi dengan kegiatan out bond.

Ketua PB IKA LKS Muratara, Yusuf Rachmadi, merasa bangga dengan kader LKS yang terus berupaya memberikan kontribusi terbaiknya untuk kemajuan pemuda di masa yang datang.

“Dengan Diklat ini kami merasa bangga dan akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang sifatnya positif seperti ini. Diklat LKS Unit adalah langkah awal kader LKS untuk berkontribusi secara nyata dalam membangun pemuda yang aktif, kreatif, dan produktif,” ujar Yusuf.

Sementara itu, Kepala SMA N Surulangun, M. Ali Gunawan, mendukung penuh kegiatan tersebut. Dirinya berharap kegiatan Diklatsar LKS Unit SMA Surulangun bisa menghasilkan pemimpin masa depan yang modern.

“Harapan kami, LKS ini melalui pengkaderan sejak dini, akan mampu menciptakan pemimpin masa depan yang visioner, berakhlakul karimah, namun tetap mengikuti perkembangan zaman, sehingga pemimpin tersebut akan menjadi pemimpin yang penuh kreatifitas,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Dewan Pembina LKS Muratara tersebut.

Lebih lanjut, pria yang juga dipercaya sebagai Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Muratara itu, berharap penuh bahwa di masa yang akan datang, kader-kader LKS lah yang menjadi pengganti para pemimpin saat ini.

“Sejak siswa sudah diajarkan bagaimana melatih kepemimpinan. LKS ini adalah wadah bagi para pemimpin masa depan. Semoga estafet kepemimpinan khususnya di Muratara akan jatuh kepada kader LKS utamanya yang didiklat saat ini,” pungkasnya.

Kegiatan diklatsar sendiri diikuti oleh 13 peserta yang berasal dari kelas X SMA N Surulangun yang dididik dan dilatih selama dua hari sebelum akhirnya resmi menjadi anggota LKS Unit SMA N Surulangun dan berkesempatan untuk mengikuti Diklat LKS tingkat Kabupaten Muratara.*