Lestarikan Ikan Jua Laut, Salmon Lokalan Silampari

Laporan: Muh.Minor
MURATARA-Mungkin masih ada yang belum tahu Ikan Jua Laut. Ikan ini rupanya menjadi iklan lokalan atau hewan endemik di wilayah Silampari, khususnya di huluan sungai. Ikan bernama latin Oncorhynchus Salvelinus atau Malayan Trouth ini masuk dalam jenis ikan Salmon.

Lewat Tim Eksplorasi dan Edukasi Region Sumatera dan Jawa, dilakukan eksplorasi dan edukasi kepada warga dan pemancing untuk menjaga ikan ini. Khususnya di Desa Tanjung Agung dan Bukit Ulu Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Muratara, 6-13 Maret 2021.

Tim Utama Eksplorasi dan Edukasi, yakni Pembina Tim Eksplorasi dan Edukasi Dr.Akhmar Sp.PD, Tunggul Prakoso (Tim Explore Gomexus Jakarta), Lastyo (Tim Eksplore Maguro Jakarta), Achmad Pranoto (Tim Eksplore Gomexus Sumatera dan Willy (Tim Pemancing Kota Lubuklinggau), harapan dan tujuan dari trip ini adalah memastikan hewan/satwa endemik bisa dijumpai dialamnya dan mengedukasi kepada masyarakat serta pemancing untuk bijak dalam mengeksploitasi ikan tersebut karena saat ini satwa tersebut sudah mulai sulit dijumpai.

“Harapan kami adanya kehidupan ikan tersebut dihulu sungai, juga pentingnya kelestarian ikan tersebut yang merupakan hewan langka. Kami sampaikan hal ini kepada kepala desa dan warga setempat, serta komunitas pemancing untuk menjaga kelangsungan ikan ini dan tidak untuk dikonsumsi atau dirilis (dilepas) lagi ke habitatnya,” ujar Ketua Tim Achmad Pranoto.

Selain itu, diharapkan mengexploitasi ikan di sungai, dengan cara yang diperkenankan yaitu memancing, menjala dan menjaring, dan khusus hewan endemic dicegah untuk di konsumsi.

“Semuanya turut andil menjaga ekosistem ini, karena menurut kami ini akan bisa menjadi daya tarik wisata baru didunia permancingan khususnya di daerah Kabupaten Musi Rawas Utara, Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas serta tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan wisatawan asing maupun lokal yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hewan endemik ini,” ungkapnya.*

Sumber : Berita Selengkapnya…

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite