Launching Vaksinasi Covid-19 Sukses, Bupati Pastikan Vaksin Sinovac Aman dan Halal

EMPATLAWANG-Pemukulan gong oleh Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad didampingi Wakil Bupati Empat Lawang, Yulius Maulana, Ketua TP PKK, Hj. Hepy Safriani Joncik dan Forkompinda, sebagai tanda launching vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Empat Lawang digelar di Aula RSUD Empat Lawang, berlangsung sukses dan lancar, Kamis (4/2).

“Mati itu memang takdir tapi ikhtiar itu penting. Vaksinasi ini kegiatan nasional untuk menyelamatkan masyarakat Indonesia termasuk Kabupaten Empat Lawang,” kata Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad saat menyampaikan sambutan.

Lanjut Bupati, masyarakat harus yakin vaksin Sinovac ini aman Bahkan MUI sudah keluarkan vaksin ini halal dan aman. Ia memastikan dirinya bersama istri tidak boleh vaksin. Karena sudah pernah terpapar Covid-19 dan dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua masyarakat yang telah mendoakan sehingga sembuh dari Covid-19.

“Sampai saat ini data Covid di Empat Lawang 92 orang, sudah sembuh 80 orang, meninggal 9, poroses penyembuhan 3. Jumlah ini tergolong kecil dibandingkan dengan daerah lain,” kata Joncik sembari berharap Covid-19 cepat berlalu.

Adanya vaksin ini, kata Bupati, bukan sudah bebas dari Covid-19 dan prokes tetap lanjut. Petugas juga tetap rutin menggelar operasi yustisi untuk menerapkan prokes.

Sedangkan pejabat yang dilakukan vaksinasi yakni Ketua DPRD Persi SE, Kapolres AKBP Wahyu Sik, Pj Sekda Indera Supawi. Setelah 30 menit tidak ada reaksi atau keluhan. Sedangkan Wabup, Yulius Maulana ST tidak divaksin karena tensi darah naik. “Alhamdulilah setelah 30 menit usai divaksin, mereka tidak ada gejala ataupun keluhan. Untuk vaksin tahap kedua nanti juga aman. Bahkan setelah divaksin ini imun terjaga 3 sampai 6 bulan,” ujarnya.

Kadinkes Empat Lawang, Sulni mengatakan, vaksinasi ini untuk melakukan penanggulangan Covid-19, untuk mengingkatkan kekebakan tubuh kepada penerima vaksin dan untuk menekan dan mencegah Covid-19. “Sasaran vaksin tahap pertama termin kedua ini adalah pejabat publik, TNI, Polri dan tenaga kesehatan baik PNS ataupun non PNS, jumlah sasaran 1.183 orang,” katanya.

Dijelaskannya, Senin lalu vaksin tiba di Empat Lawang sebanyak 2.000 vial dan langsung didistribusikan ke 11 faskes dengan total 1.000 vial. Sisanya disimpan di gudang farmasi RSUD dan rencana didistribusikan 17 Februari untuk vaksinasi tahap kedua. (ken)