Kepsek SMPN Bingin Teluk Jamin 344 Siswa Segera Terima Bantuan PIP

Kabarkite.com, Muratara – Menyikapi adanya keterlambatan penyaluran bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk 344 siswa tahun 2019-2020
Kepala Sekolah SMP Negeri Bingin Teluk Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Jasril, memastikan bulan ini realisasi penyaluran bantuan tersebut secara keseluruhan akan diterima oleh para siswa-siswi sesuai data dan dana yang diterima pihak sekolah.

“Memang benar adanya keterlambatan penyaluran bantuan PIP untuk para siswa, namun hal ini bukanlah kesengajaan kami pihak sekolah. sebab data siswa yang kami ajukan terlambat dan ada faktor teknis lain yang menyebabkan hingga baru tahun ini secara sekaligus bantuan itu kami salurkan pada siswa, saya pastikan bulan ini 344 murid sudah terima dana PIP mengingat ini juga untuk kepentingan siswa saya tidak mungkin, bantuan ini tidak kita salurkan,” Ujar Jasril Kepada Wartawan Kamis, (4/02).

Dijelaskannya secara gamblang, bahwa pihak sekolah mengajukan data siswa pada instansi terkait itu diawal bulan juli 2019 dan realisasi dana bantuan baru terima pada awal tahun 2020. Begitu juga realisasi dana PIP 2020 diterima pada awal tahun ini, secara keseluruhan bantuan PIP diterima 344 siswa dan pada Februari tahun ini, secara keseluruhan dana PIP akan diterima para siswa yang ada.

“Tidak ada unsur kesengajaan saya untuk tidak merealisasikan bantuan para murid, namun karena kondisi vandemi covid-19 dan ada larangan berkerumun. maka saya mengambil kebijakan untuk merealisasikan dana PIP 2019-2020 ke siswa sekaligus di awal tahun ini, Namun diluar dugaan saya sakit. makanya baru bulan ini semua bantuan itu akan para siswa terima secara keseluruhan,” Tegasnya.

Dari berita pada media online sebelumnya, diketahui Komite SMPN Bingin Teluk Sarwani mengungkapkan bahwa pihak sekolah belum menyalurkan bantuan PIP 2019-2020 kepada 344 siswa. Tetapi Bantuan PIP sudah ada diberikan pada awal semester tahun 2019 oleh kepala sebelumya, namun setelah pergantian kepsek (Jasril) sekitar juni 2019 bantuan dimaksud sampai 2020 tidak diterima siswa.

”Artinya sudah 2 tahun bantuan PIP tidak dibagikan, dan diawal tahun 2021 , kepala sekolah baru menyuruh bendahara membagikan bantuan PIP setelah adanya desakkan dari wali murid penerima PIP dan sudah masuk kerekening siswa,” tuturnya. (RUDI TANJUNG)