Kepala BPPWSS Hadiri Monitoring Pembangunan RTLH di Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU,Kabarkite.com – Walikota SN. Prana Putra Sohe bersama Dirjen pembiayaan infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) Ditjen Cipta Karya,Selasa (07/09/2021) bertempat di Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I.

Direktur Utama PT. Sarana Multigriya Finansial (PT. MSF meresmikan dan Melaunching pelaksanaan kegiatan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Hadir pada kegiatan tersebut Walikota Lubuklinggau, Dirut PT. SMF Bapak Ananta Wiyogo, Kepala BPPWSS Achmad Irwan Kusuma,Direktorat PKP Kementrian PUPR Asisten II Kgs. Efendi Fery, Kepala Dinas Perkim Tresko Defriansah, Kepala Dinas PUPR Achmad Asril, Camat Linggau Selatan I, Kapolsek Lubuklinggau Selatan, Lurah Rahmah, Masyarakat Penerima Manfaat.

Dalam sesi wawancaranya kepada awak media Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Selatan Achmad Irwan Kusuma menjelaskan :

“ Setelah dilakukan identifikasi kawasan kumuh di Lubuklinggau 517 hektar ini diterbitkan berdasarkan SK Walikota tahun 2019.

Untuk pengurangan kawasan kumuh sedang dibutuhkan anggaran 1.5 sampai 2 milyar jadi dengan luasan lahan 517 hektar dibutuhkan 1 triliun lebih, maka kalau hanya mengandalkan APBD tingkat 1 dan APBD tingkat 2 dan sumber-sumber pembiayaan lainnya rasanya agak sulit penanganan kawasan kumuh secara masif hingga tahun 2024.

Alhamdulillah dari PT.MSF sudah membantu mengurangi salah satu tujuh indikator kumuh, ini patut disyukuri.

Direktur PT. SMF Ananta Wiyogo dalam sambutannya menyampaikan bahwa program RTLH ini kolaborasi pemerintah kota, Dirjen Permukiman dan PT.SMF itu sendiri adalah BUMN dibawah naungan Kementrian Keuangan dimana salah satu tugas nya untuk membantu pendanaan infrastruktur salah satunya membantu masyarakat untuk mendapatkan rumah layak huni.

Adapun Sumber dana PT.SMF itu dari APBN dan pasar modal. Program KOTAKU ini merupakan program jangka panjang yang kita lakukan dari sabang sampai merauke harapan kami bisa dimanfaatkan sebaik-baik mungkin.

Walikota Lubuklinggau Drs. SN. Prana Putra Sohe dalam sambutannya menyampaikan di kecamatan Lubuklinggau Selatan 1 kurang lebih luas wilayahnya 60.000 hektar.

Di Lubuklinggau ini ada 316 unit bedah rumah, dan khusus di kelurahan Rahmah ada 31 unit RTLH yang di bangun.(*)

The post Kepala BPPWSS Hadiri Monitoring Pembangunan RTLH di Lubuklinggau appeared first on MediaPerubahan.Com.

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite