Keluarga Alm Danil Surati BPJS dan Gugat RS AR Bunda ke Pengadilan Terkait Covid 19

LINGGAUMETROPOLIS.COM– Keluarga Almarhum M Danil warga Empat Lawang yang dinyatakan positif Covid 19 oleh RS AR Bunda Kota Lubuklinggau kecewa dengan jawaban singkat pihak rumah Sakit.

Pihak RS AR Bunda Kota Lubuklinggau meyampaikan jawaban atas surat permohonan klarifikasi dari keluarga Alm M Danil pada,Selasa (16/09/2020).

Surat jawaban dijemput Dahli Saptini anak angkat almarhum sekaligus lembaga (Gempita) pada Selasa (16/09/2020).

” Kami sangat Kecewa dengan jawaban pihak RS AR Bunda, kami minta mereka menjelaskan proses swab bukan cuman menyebutkan waktu swabnya saja, kami keluarga merasa ayah kami tidak pernah diswab, kalau memang diswab, jelas siapa petugas yang ngambil swab, diruang mana, saksinya siapa, kan begitu seharusnya,”kata Dahli.

Berangkat dari ketidakjelasan dan tidak transparannya RS AR Bunda tersebut, Dahli menyatakan akan melakukan langkah hukum menggugat perdata perbuatan melawan hukum RS AR Bunda ke Pengadilan Negeri Lubuklinggau.

” Hari ini kami sudah menyurati BPJS Kesehatan Lubuklinggau, kami meminta pihak BPJS menunda proses klaim biaya perawatan atau penanganan Alm M Danil di RS AR Bunda sampai proses hukum selesau,”tegas Dahli.

Dikatakannya, saat ini pihak keluarga sedang dalam proses pengajuan gugatan perdata perbuatan melawan hukum atas penetapan positif covid 19 berdasar Swab tes RS AR Bunda yang terindikasi tidak prosedural, melanggar azas transparansi dan akuntabilitas publik.

Karena itu, kami meminta BPJS Kesehatan apabila ada klaim pasien meninggal positif covid 19 atas nama M Danil untuk ditunda pencairanya sampai proses hukumnya selesai.

Sementara itu, Penasehat Hukum RS AR Bunda Lubuklinggau, Andika Wira Kesuma,saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihak rumah sakit tidak bisa meyebutkan hal hal yang bersifat privasi terutama terkait covid 19. Namun, soal gugatan hukum ke Pengadilan Negeri, dirinya siap menghadapi gugatan tersebut.

” Menggugat itu hak semua warga, kalau mereka menggugat kami siap menghadapi, tapi kalau merugikan rumah sakit (pencemaran nama baik) kami akan gugat balik,”pungkasnya. (*)

Artikel Keluarga Alm Danil Surati BPJS dan Gugat RS AR Bunda ke Pengadilan Terkait Covid 19 pertama kali tampil pada Linggau Metropolis.