Kasus Pencemaran Nama Baik TNI, Lanjut Ke Tahap Lidik

MUSI RAWAS, MP– Kasus pencemaran nama baik Tentara Nasional Indonesia, yang dilaporkan langsung oleh Pasi Intel Kodim 0406 Lubuklinggau beberapa hari yang lalu terus berlanjut.

Hal itu ditegaskan Kapolres Musi Rawas, AKBP Efrannedy melalui Kasat Reskrim, AKP Dedi Rahmat Hidayat saat dikonfirmasi awak media membenarkan adanya perkara tersebut, dan pihaknya terus melakukan penyelidikan, Rabu, 17/11/2021.

“Saat ini masih proses lidik masih kami dalami Mas. Sudah diperiksa semua yaitu pemilik akun, Satpam PT, Owner PT. Masih banyak yang harus kami lengkapi dalam kasus tersebut. Karena menyangkut UU ITE, Kami akan koordinasi dengan Tim Siber Polda Sumsel dan setiap perkembangan kami selalu koordinasi dengan Pak Dandim 0406 Lubuklinggau”. 

Terpisah Komandan Kodim 0406 Lubuklinggau, Letkol Infanteri Erwinsyah Taupan, SH, M.Si, melalui pesan WhatsApp juga senada dengan pernyataan Kasatreskrim Polres Mura AKP Dedi Rahmat Hidayat.

“Iya masih berlanjut. Sudah dilaporkan dan saat ini sudah dipanggil semua pihak terkait permasalahan tersebut untuk dimintai keterangan. Laporan Hasil Pemeriksaan dari Reskrim Polres Mura juga sudah dibuat“.

Mengutip berita yang dilansir klikanggaran.com Komando Distrik Militer (Kodim) 0406 Lubuklinggau melaporkan pemilik akun TIK Tok @EDO_AG.AAL.SAT ke pihak Kepolisian. Pelaporan dilakukan karena dianggap mencemarkan nama baik institusi TNI (Tentara Nasional Indonesia).

Akun Tik Tok @EDO_AG.AAL.SAT yang kini berganti nama menjadi @pejuang_rupiah031183 dengan nama “edo llg” diketahui beberapa hari lalu mengunggah sebuah konten. Konten tersebut berisi tulisan: “Kurangkah negara ini memberikan kesejahteraan untuk TNI, kenapa masih ada saja oknum yang menjadi penagih hutang”

Kontan tulisan tersebut viral di media sosial, sehingga dianggap mencemarkan nama baik institusi TNI dan Perwira Seksi Intel Kodim (Pasi Inteldim) 0406 Lubuklinggau. Selain tulisan, fotonya turut beredar dalam unggahan konten tersebut.

Diketahui, postingan konten akun @EDO_AG.AAL.SAT diunggah oleh Mustar Ishak alias Edo. Yang bersangkutan adalah pemilik CV Anugrah Alam Lestari (CV AAL) yang beralamatkan di Desa Pedang, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas.

Menyikapi hal itu, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0406 Lubuklinggau, Letkol Inf Erwinsyah Taupan (Erwin), telah melaporkan pihak yang mengunggah konten tersebut ke Polres Musi Rawas agar diproses secara hukum dengan tuduhan melanggar UU ITE.

“Dilaporkan akun tersebut ke polisi merupakan langkah eksternal pihak Kodim 0406 Lubuklinggau terhadap upaya-upaya pencemaran nama baik institusi, sedangkan langkah internal akan melakukan sidang disiplin untuk menentukan sanksi terhadap Pasi Inteldim,” ujar Dandim Erwin, Rabu (10/11) kepada awak media.

Dandim menambahkan, pihaknya menyesalkan atas pembuatan video tersebut. “Kami selaku Kodim 0406 menyesalkan penyebaran ataupun pembuatan video Tik Tok tersebut,” ucapnya.

Oleh karenanya, kata Dandim, dirinya mengharapkan agar kejadian tersebut menjadi pembelajaran untuk seluruh masyarakat agar bermedia sosial dengan hal-hal yang positif.

Dandim menambahkan, pihaknya menyesalkan atas pembuatan video tersebut. “Kami selaku Kodim 0406 menyesalkan penyebaran ataupun pembuatan video Tik Tok tersebut,” ucapnya.

Oleh karenanya, kata Dandim, dirinya mengharapkan agar kejadian tersebut menjadi pembelajaran untuk seluruh masyarakat agar bermedia sosial dengan hal-hal yang positif.

“Saya harap ini tidak terjadi lagi. Kami harap kedepan sebagai pembelajaran bagi seluruh warga masyarakat bahwa mari kita sama-sama cerdas dalam menggunakan media sosial, sehingga media sosial ini bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang bersifat positif,” jelasnya.

Sedangkan untuk proses hukum, Dandim juga mengharapkan tetap berjalan.
“Mudah-mudahan proses hukumnya tetap berjalan. Kami juga sudah melaporkan hal ini ke komandan satuan atasan kami Pak Danrem, Pasi Intel Kodam, kami juga sudah malekukan laporan ke PM.

Sehingga harapannya secara hukum proses ini dapat dikawal dengan baik. Saya pikir ini tetap kita lanjutkan karena memenuhi unsur dari UU ITE,” tegas Dandim.
Mengenai permohonan maaf oleh Edo, Dandim mengatakan telah memaafkan secara pribadi/personal, akan tetapi proses hukum tetap dilanjutkan.(*)

The post Kasus Pencemaran Nama Baik TNI, Lanjut Ke Tahap Lidik appeared first on MediaPerubahan.Com.

Sumber : Berita Selengkapnya…

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite