Kapolres Lubuklinggau Empat Kali Berjibaku Makamkan PDP Covid

LINGGAUMETROPOLIS.COM– Selama Covid-19 melanda, di Kota Lubuklinggau sudah 14 orang yang dimakamkan secara protokol Covid-19. Dalam pelaksanaanya Tim relawan dibagi menjadi 3 Tim yaitu dari Kodim 0406 MLM, Polres Lubuklinggau dan Sat Pol PP Kota Lubuklinggau.

BACA JUGA

Obat Rindu Sekolah, 303 Anak Ikuti Lomba Mewarnai Via Daring-Luring

Warga Terpapar Covid Melonjak, Timsus Gencarkan Patroli Prokes

Tim yang telah ditunjuk sebelumnya sudah mengikuti pelatihan pemulasaran jenazah protokol Covid-19, dengan sistem bergantian sesuai jadwal urut pasien yang direkomendasikan Gugus Tugas penanganan Covid-19 untuk dimakam secara protokoler Covid. Untuk Polres Lubuklinggau sendiri sekali pemakaman menurunkan 15 Personel dari 30 Personel yang disiapkan.

Kapolres Lubuklinggau sendiri tercatat sampai saat ini (28/08/2020) sudah 4 kali memimpin pemakaman protokol Covid-19 di kota Lubuklinggau, Gugus tugas telah menyiapkan lokasi pemakaman yakni di TPU Taba Lestari, Kec. Lubuklinggau Timur I Kota lubuklinggau.

Menurut Kapolres Lubuklinggau AKBP Mustofa bahwa ianya senantiasa berusaha hadir untuk mendampingi Timnya dalam proses pemakaman jenazah secara protokol Kesehatan. “Pernah saat lebaran idul adha kemarin, terpaksa kami turun dengan segala keterbatasan sarana” ujarnya.

Dilanjutkan Kapolres, “Malam tadi (27/08/2020) Kami bergabung dengan Kodim 0406 melaksanakan pemakaman bersamaan, secara kebetulan Gugus Tugas memberi tahu bahwa ada 2 orang warga Lubuklinggau yang harus dimakamkan secara protokol covid19. Satu pasien dari RS. Siti Aisyah dan yang satunya lagi dari RS. Ar Bunda.

“Kedua jenazah ini kami makamkan secara islam, kenapa harus malam hari. Karena jenazah tidak boleh terlalu lama bertahan di Rumah Sakit. Hal ini untuk meminimalisir resiko penyebaran Covid-19″ jelasnya.

Terkait data Pasien, Kapolres menyampaikan bahwa “lebih tepat menjadi domain gugus tugas saja yang menyampaikan, sebaiknya kita menjaga privasi keluarga pasien. Yang jelas warga linggau, dan inilah membuktikan bahwa covid19 ada ditengah kita, jadi sudah tanggung jawab kita saat ini untuk memproteksi diri dan keluarga dengan menjaga kesehatan, menjaga kebersihan, selalu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.” Imbau Kapolres.