Kadis PMD Muratara, Gusti Rohmani Sidak ke desa

Kabarkite.com,
MURATAR- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) provinsi Sumatera Selatan, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke desa desa di wilayah kecamatan Nibung, Selasa 23/3/2021.

Sidak dipimpin langsung Kadis PMD Muratara, Gusti Rohmani bersama Kabid dan pegawai nya itu, guna mengecek administrasi pengelolaan BUMDes dan evaluasi dana desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat untuk desa desa di kabupaten Muratara tidak maksimal di kelola oleh pemerintah desa untuk pemberdayaan masyarakat, terutama BUMDes.

Gusti Rohmani, kadis PMD Muratara sebagai ketua pembina dan selaku liding sektor dari BUMDes ini, saat sidak di desa sumber makmur Sp 7 kecamatan Nibung, memuji kinerja pemerintah desa dan pengurus BUMDes setempat sangat bagus di dalam pengelolaan nya baik’itu administrasi nya maupun usaha yang prioritas seperti sewa perlengkapan tenda yang menambah PAD desa sumber makmur dan bermanfaat untuk masyarakat setempat.

“Bumdes berorientasi profit, jadi dibutuhkan kreativitas dari pengurusnya. Terutama untuk memilih dan menetapkan bidang usaha yang akan dilakoni Bumdes. Bumdes harus mampu memberi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi desa. Yang terpenting adalah bagaimana komitmen Bumdes itu sendiri. Bumdes harus mampu melahirkan solusi dan pendapatan asli desa untuk menopang APBDes,” kata kadis PMD Muratara.

Gusti Rohmani mengatakan, pemerintah desa dan pengurus BUMDes di kabupaten Muratara harus paham tentang pengelolaan dana dan kreativitas didalam mengembangkan BUMDes itu dan ia berharap kepada desa desa di kabupaten Muratara tahun ini harus memaksimalkan pengelolaan BUMDes di setiap desa dan laporan pengelolaan anggaran BUMDes harus jelas karena lima tahun ini administrasi nya 85% laporan dari desa tidak jelas.

“Tahun ini, semua Bumdes akan di monitor guna memastikan keberadaannya di lapangan. Karena tujuan Bumdes yang lainnya adalah untuk memperdayakan masyarakat desa dan selaku pembina BUMDes kedepannya administrasi dan kreativitas pengurusannya harus jelas” tegasnya.

Jurnalis David

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite