Irwan, Buronan Penodong Pelajar, Keok Dihajar Pelor

EMPATLAWANG-Irwan (27), warga Desa Tanjung Ning Tengah Kecamatan Saling Kabupaten Empatlawang yang kesehariannya sebagai petani, dipelor Tim Elang Satreskrim Polres Empat Lawang, Senin (8/2/2021).

Irwan adalah pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang buron selama setahun, terhadap Andesta Wulandari (17) pelajar asal Desa Lampar Baru Kecamatan Tebing Tinggi dan Anastasya (17) pelajar Desa Ujung Alih, yang terjadi di Desa Tanjung Ning Tengah Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang  pukul 13.00 WIB, Jum’at (20/3/2020) lalu.

Kapolres Empat Lawang AKBP.Wahyu,S.Ik melalui Kasat Reskrim AKP Mursal Mahdi menjelaskan, pelaku diamankan dengan tindakan terukur.

“Ketika hendak dilakukan penangkapan, pelaku berusaha untuk melawan sehingga dilakukan tembakan peringatan sebanyak tiga kali namun pelaku masih tetap berusaha melawan dan hendak melarikan diri, sehingga terhadap pelaku dilakukan tindakan tegas, terarah dan terukur,” jelasnya.
Pelaku dibawa ke RSUD Empat Lawang untuk di lakukan perawatan medis setelah dilakukan pengobatan pelaku berserta barang bukti dibawa kepolres Empat Lawang untuk ditindak lanjuti sesuai hukum yang berlaku.

“Barang bukti satu lembar STNK motor dan satu BPKB motor. Pelaku dikenakan pasal 365 KUHPidana tentang kasus tindak pidana pencurian dengan kekerasan,” jelasnya.

Pelaku menurut Kasat, berawal dari kronologis kejadian berawal pada hari ketika saat korban Andesta berbocengan Anastasya melintas di Desa Legan Jaya Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang, korban di serempet  tiga orang pelaku tidak kenal dengan menggunakan sepeda motor Satria FU.

“Korban dihadang dan kedua orang pelaku yang berboncengan langsung turun minta HP korban, karena merasa terancam korban bersama temanya langsung turun dari motor dan lari untuk meminta pertolongan. Pelaku melarikan diri ke arah Kabupaten Musi Rawas sambil membawa kabur sepeda motor milik korban, Atas kejadian tersebut korban di antar warga ke Pospol Saling dan menemani korban ke Polsek Tebing Tinggi untuk melaporkan kejadian,” ungkapnya.(ken)