Ikuti Event IGA SMAN 1 Lubuklinggau Raih Anugerah Inovator Dari Gubernur Sumsel

Kabarkite.com, LUBUKLINGGAU – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Lubuklingau Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali torekan prestasi, kali ini prestasi yang didapat berasal dari keikutsertaan sekolah tersebut pada event INOVATION GOVERMENT AWARD (IGA) Sumsel.

Pada event itu satuan pendidikan atau sekolah rujukan di Kota Lubuklinggau ini, berhasil mendapatkan Anugerah Inovator dengan judul Selai Ubi Ungu (Sugus) dari H Herman Deru, Gubernur Provinsi Sumatra Selatan.

“Pada event ini, ada enam sekolah se-sumsel yang mendapatkan anugerah inovator terbaik tahun ini. Salah satunya SMAN 1 Lubuklinggau, kami sangat bersyukur sekaligus bangga dengan apa yang dilakukan para siswa hingga Gubernur memberikan anugerah ini,” Ujar Kepala SMAN 1 Lubuklinggau Zulkarnain melalui guru pembimbing sekaligus pembina Ekskul Kelompok Ilmiah Remaja kepada wartawan.

Yeny Yulizah menjelaskan, pelajar yang berhasil mendapatkan anugerah inovator yakni Della Erlina beserta tim Cangkirs yakni Club Anak Great Kelompok Ilmiah Remaja Smansa. pembuatan Sugus, di latar belakangi murahnya harga dan jumlah yang melimpah di Kota Lubuklinggau serta nilai gizi yang baik dari ubi ungu tersebut. Sehingga di manfaatkan lah, ubi ungu menjadi selai yang diharapkan dapat meningkatkan harga ubi ungu ketika masyarakat tahu bahwa ubi ungu bisa dijadikan selai.

“Selai tersebut bisa di aplikasikan menjadi makanan lain misal dessert, camp es krim, isian roti, agar-agar, cake dan lain-lain,” Ungkapnya.

Diungkapkannya, SMAN 1 sendiri ada empat inovasi yang diikutkan dalam event IGA yakni, Selai Ubi Ungu (Sugus), Mesin Cuci Pedal Sepeda, Pesan Kertas (Pemanfaatan Pelepah Pisang Menjadi Kertas) dan E-WALLS ROBOT.

“Inovasi tersebut akan terus di kembangkan menjadi lebih baik lagi bersama tim Cangkirs yang di ketuai oleh M. Risky dan M.Rifky,”sebutnya.

Ditambahkan Yeni, tahun ini ada inovasi baru yang akan mereka kembangkan. Dan baru akan sampai pada tahap marketing yang tentunya akan banyak tantangan. Inovasi selanjutnya yang akan mereka angkat Masker Daun Kelor (More Love).

“Semoga kedepannya inovasi-inovasi yang di ciptakan oleh pelajar Smansa, mampu memberikan manfaat kepada masyarakat luas dan mampu menjadikan tauladan bagi pelajar lain, untuk berani berkreatifitas dan berinovasi guna meningkatkan jiwa enterpreneur serta berguna menunjang kebebasan finansial di masa depan,” pungkasnya. (Rudi/BI)

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite