Hadiri Apel Kesiapsiagaan di Muara Belida, Staf Ahli Pastikan Muara Enim Siap Tanggulangi Karhutla

ME – Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Amrullah Jamaluddin, S.E., mewakili Bupati Muara Enim didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim Abdurrozieq Putra, S.T., M.T., Selasa (09/03).

Apel gelar pasukan kesiapsiagaan personil dan peralatan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2021 bertempat di Kebun Raya Sriwijaya, Desa Kayu Ara Batu, Kecamatan Muara Belida, Kabupaten Muara Enim.

Kegiatan yang dibuka dan dipimpin oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, S.H., M.M. Pada kegiatan ini Kabupaten Muara Enim melalui tim BPBD turut ambil bagian menampilkan peralatan kesiapsiagaan dihadapan Gubernur, salah satunya 10 unit kendaraan roda dua yang telah dimodifikasi untuk memadamkan api.

Setelah kegiatan, dalam keterangannya Staf Ahli menyampaikan bahwa PemKab.Muara Enim telah mempersiapkan personil dan peralatan pendukung dalam menghadapi musim kemarau tahun ini. Hal tersebut sesuai dengan arahan Plh. Bupati Muara Enim Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., pada Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana pada 03 Februari yang lalu.

Plh. Bupati menilai bahwa musibah bencana Karhutla merupakan tugas dan tanggung jawab bersama. Oleh sebab itu dirinya mengharapkan dukungan dari semua elemen masyarakat, termasuk tim TNI, Polri dan badan usaha yang ada di Kabupaten Muara Enim untuk menghadapi maupun mengantisipasi bencana tahunan Karhutla ini.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Muara Enim menjelaskan bahwa dinasnya bersama unsur TNI/ Polri telah rutin berkoordinasi dan secara terus menerus memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan perkebunan dengan cara membakar. Dirinya juga menyampaikan bahwa kesiapan peralatan yang dimiliki BPBD Kabupaten Muara Enim saat ini memiliki 20 unit kendaraan roda dua yang telah dimodifikasi, 2 unit mobil tanki suplai dan 30 unit mesin pompa dan dijelaskan pula dalam waktu dekat PemKab.Muara Enim yang terdiri dari BPBD, Damkar dan Pol.PP beserta TNI/Polri maupun tim BUMS/BUMD/BUMN yang ada di Kabupaten Muara Enim akan melaksanakan gelar pasukan dan peralatan kesiapsiagaan Karhutla tingkat Kabupaten Muara Enim.(rls).