Gubernur Sumsel Bersama PWI Sukses Gelar Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021

PALEMBANG – Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan milad Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-75 di tengah pandemi Covid-19, DKI Jakarta menjadi tuan rumah dan di selenggarakan secara virtual, seluruh provinsi se-Indonesia melaksanakan peringatan HPN. 

Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melaksanakan Peringatan HPN 2021, di Gedung Griya Agung dan dihadiri oleh Ketua beserta perwakilan pengurus PWI, Pimpinan Perusahaan Pers Kabupaten / Kota se-Provinsi Sumsel.

Pada HPN kali ini, di tengah perjuangan melawan pandemi Tema HPN yang diangkat yaitu “Bangkit Dari Pandemi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan dan Pemulihan Ekonomi”.

Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, dalam usia yang menyatakan selamat HUT HPN bahwa pers sudah menunjukkan kematangan di 75 tahun, sesuai dengan tema yang di ambil merupakan motifasi bagi seluruh warga pers di Indonesia khususnya di Sumsel.

“Mencari solusi dalam membantu perekonomian kita, sesuai dengan tema peringatan HPN tahun ini,” kata Gubernur.

Sesuai moto, lanjut Deru, mengenai perubahan dalam menyikapi tatanan normal baru kehidupan yang semakin berubah di pandemi mengingatkan kita bahwa kita mahluk yang tidak berdaya namun ini menjadi pelajaran dan motif untuk menghadapi ketidakberdayaan ini.

“Saran saya, sebagai sahabat dan saudara di insan pers, kita mesti agresif mencari narasumber yang semakin sulit seperti di contohkannya berita vaksinansi agar sesuai terhindar dari berita hoax,” ujarnya.

Untuk diketahui pada tahun 2021, peringatan HPN awalnya akan dilaksanakan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Namun, karena pandemi Covid-19 belum juga reda, pusat perhelatan HPN 2021 diputuskan dialihkan ke Jakarta, baik secara luring maupun berani.

Keputusan mengalihkan tempat pelaksanaan HPN 2021 ke DKI Jakarta itu juga mengikuti tema sebagai perlawanan terhadap masifnya serangan Virus Corona.

Tema besar HPN 2021 kemudian ditetapkan menjadi “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan”. (MB / Adv)

Penulis / Editor: Anggit / Andep