DPD BKPRMI Kota Lubuklinggau Fasilitasi Penuh Peserta Rakor Irmas Se-Sumsel, Hasbi : Anak Muda Penerus Bangsa

LUBUKLINGGAU-DPW Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sumatera Selatan, melalui Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Dakwah Sumber Daya Manusia (LPPDSDM) akan menggelar Rapat Koordinasi (rakor) Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Se Sumatera Selatan pada Sabtu-Minggu (6-7/02/2021) sekaligus pembentukan Forum Irma Sumatera Selatan.

Menanggapi hal tersebut, DPD BKPRMI Kota Lubuklinggau gerak cepat. Ketua BKPRMI Kota Lubuklinggau, Hasbi Mustofa, mengumpulkan calon peserta Rakor asal Kota Lubuklinggau yang berasal dari beberapa Irmas di Kota Lubuklinggau, Kamis (04/02/2021) sekira Pukul 09.30 WIB, di sekretariat BKPRMI Kota Lubuklinggau, Lantai 3, gedung bersama kompleks Masjid Agung As-Salam.

Dalam pertemuan tersebut, Hasbi memberikan arahan kepada calon peserta terkait pelaksanaan rakor yang akan dihelat di Gedung BKPRMI Sumsel, Jl. Kebun Bunga, Kelurahan Al-Kahfi, Kec. Sukarami, Kota Palembang itu.

Dalam arahannya, Hasbi meminta kepada peserta untuk membawa nama baik Kota Lubuklinggau.

“Syukur alhamdulillah kegiatan ini di support penuh oleh Pemkot Lubuklinggau melalui BKPRMI kita. Kami juga meminta kepada peserta dari Lubuklinggau agar tetap menjaga nama baik daerah. Jangan membuat malu, alhamdulillah kalau bisa berprestasi,” ujar Hasbi dalam arahannya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa semua akomodasi sudah ditanggung oleh BKPRMI Kota Lubuklinggau.

“Kemudian terkait masalah akomodasi transportasi dan biaya registrasi sudah ditanggung oleh BKPRMI. Kawan-kawan Irmas tinggal menyiapkan dana untuk beli oleh-oleh kalau ada pesanan dari calon istri atau suaminya,” sambung Hasbi disambut tawa seluruh peserta yang hadir.

Namun Hasbi juga meminta para peserta untuk bertanggungjawab dalam kegiatan tersebut. Ia meminta satu hari setelah kepulangan dari rakor, para peserta diminta untuk menjelaskan hasil dari rakor tersebut kepada dirinya.

“Rekan-rekan juga harus bertanggungjawab, jelaskan apa yang didapat dalam rakor itu untuk bisa diimplementasikan kepada rekan-rekan Irmas yang lain. Saya tunggu kalian hari Selasa (9/02) besok di jam yang sama untuk pemaparan,” pesan Hasbi.

Kepada Musirawas Ekspres, Hasbi menerangkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan harus didukung.

“Anak-anak muda ini adalah generasi penerus yang harus terus di asah tiap bakat mereka. Maka apabila ada kegiatan yang sifatnya character building untuk anak-anak muda, khususnya Irmas, pasti kami dukung penuh. Salah satunya adalah kegiatan (rakor) ini,” papar pria yang juga aktif di Kementrian Agama itu.

Lebih lanjut Hasbi menjelaskan, di Tahun 2021 akan banyak agenda yang BKPRMI Kota Lubuklinggau lakukan. Salah satunya adalah mensukseskan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI).

“Tentu setelah pembentukan Forum Irma Sumsel nanti, akan ada turunannya, yaitu pembentukan Forum Irma Kota Lubuklinggau, itu akan kita agendakan. Selanjutnya FASI yang akan kita helat di Sumsel dan Kota Lubuklinggau, adalagi pembentukan brigade BKPRMI dan kalau memungkinkan akan diadakan lomba-lomba antar Irmas di Kota Lubuklinggau. Dan itu akan kita fokuskan pada tahun 2021. Panitianya adalah anak-anak yang aktif di kegiatan keagamaan khusunya Irmas,” tambahnya.

Hasbi juga meminta kepada Masjid-masjid yang ada di Kota Lubuklinggau agar berkenan memberikan nama-nama struktur kepengurusan Irmas di Masjidnya masing-masing. Pasalnya, pihaknya sudah bersurat kepada 216 Masjid di Kota Lubuklinggau, namun hanya 12 Masjid yang baru melaporkan Irmasnya.

“Ini menjadi pekerjaan rumah untuk kita semua, kami juga berencana untuk mengadakan rapat bersama DMI dan seluruh masjid di Lubuklinggau yang sifatnya koordinasi, dan kami sekali lagi akan meminta kepengurusan Irmas di masing-masing Masjid,” ungkap pria penyandang gelar Magister itu.

Sementara kegiatan Rakor tersebut, peserta perwakilan dari Kota Lubuklinggau berasal dari 6 Irmas dan 1 Kepengurusan DPD BKPRMI Kota Lubuklinggau dengan Jumlah peserta sebanyak 14 orang dengan 2 orang mewakili masing-masing organisasi.

Adapun 6 Irmas yang mewakili yaitu Irmas Agung As-Salam (Masjid Agung As-Salam), Irmas Taqwallah (Kelurahan Ponorogo), Irmas Nurul Hidayah (Kelurahan Sumber Agung), Irmas Nurul Islam (Kelurahan Senalang), Irmas Al-Muslimun (Kelurahan Cereme Taba), dan Irmas Nurul Yaqin (Kecamatan Lubuklinggau Barat I). (Cw2).