Ditangkap Kapolsek Linggau Utara, Herman Gagal Edarkan Uang Palsu dan Berakhir Dijeruji Besi

LINGGAUMETROPOLIS.COM– Hermansyah alias Herman (22)petani di Jalan Pelita RT 05,Kelurahan Pelita Jaya,Kecamatan Lubuklinggau Barat 2 nekat mengedarkan uang palsu (Upal).

Atas perbuatannya tersebut, pemuda ini digelandang ke Mapolsek Lubuklinggau Utara untuk mempertanggungjawabkan perbuatan melawan hukum tersebut.

Herman diringkus Kapolsek Lubuklinggau Utara, di Kelurahan Puncak Kemuning,Kecamatan Lubuklinggau Utara 2, pukul 19.00 WIB,Sabtu (20/06/2020).

Kapolsek Lubuklinggau Utara, AKP Horison Manik menerangkan penangkapan terhadap pengedar uang palsu ini derawal adanya informasi dari warga sekitar lokasi kejadian kalau ada seseorang membawa Uang Diduga Palsu.

” Kita langsung bergerak ke lokasi dan mengamankan Hermansyah, dari penggeledahan Badan Tersangka ditemukanlah Barang Bukti Uang Diduga Palsu di dalam kantong celananya sebelah kiri sebesar 800 ribu rupiah kemudian di dalam Dompet milik Tersangka ditemukan lagi Uang Diduga Palsu sebesar 1 juta 700 ribu rupiah pecahan 100 ribu rupiah,”ungkap Kapolsek.

Tersangka Herman, dihadapan polisi mengakui perbuatan yang telah dilakukannya tersebut karena disuruh dan ditawarin keuntungan oleh temannya diduga sebagai Pelaku Pembuat (Pencetak) Uang tersebut Inisial “L” yang beralamat di Kota Bengkulu dan “H” yang beralamatkan sama dengan Tersangka.

Apabila semua uang Palsu sejumlah 2 juta 500 ribu rupiah tersebut laku maka Tersangka Herman cukup menyetorkan kepada teman tersangka tersebut sebesar 700 ribu rupiah saja sedangkan sisanya untuk Tersangka.

Sehingga Tersangka tergiur mengedarkan uang palsu itu, karena akan mendapat keuntungan yang sangat besar.

Kemudian, polisi langsung melakukan pengembangan dengan mencari keberadaan teman Tersangka pembuat Uang tersebut tetapi tidak berada di kediamannya sehingga Tersangka berikut Barang Bukti dibawa ke Mapolsek Lubuklinggau Utara untuk proses Penyidikan lebih lanjut. (*)