Dinkes Muratara Lakukan Pemeriksaan ANC Bumil di Desa Embacang Baru Ilir

Kabarkite.com, Muratara – Pemerintahan kabupaten Musi Rawas Utara melalui Dinas Kesehatan terus mengoptimalkan pelayanan pemeriksaan ANC (Antenatal care) pada ibu hamil yang ada di wilayah kabupaten Muratara.

Pada 27 September 2021, pemeriksaan ANC diadakan di Posyandu di desa Embacang Baru Ilir kecamatan Karang Jaya kabupaten Musi Rawas Utara .

Pemeriksaan ANC merupakan pemeriksaan kehamilan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada ibu hamil secara optimal, hingga mampu menghadapi masa persalinan, nifas, menghadapi persiapan pemberian ASI secara eksklusif, serta kembalinya kesehatan alat reproduksi dengan wajar.

Dr.Hari ,Spog menyampaikan, pemeriksaan ANC terus ditingkatkan, untuk itu warga khususnya ibu hamil agar lebih proaktif dalam menerima pelayanan pemeriksaan kehamilan yang dilaksanakan tenaga kesehatan.

“Maka dibutuhkan partisipasi serta kesadaran ibu terhadap pentingnya pemeriksaan kehamilan di fasilitas pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan yang melaksanakan kunjungan langsung ke desa,” katanya.

Dengan kegiatan pemeriksaan ANC pada ibu hamil dapat diketahui tingkat risiko kehamilan sedini mungkin dalam rangka upaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) serta untuk memantau kesehatan ibu dan perkembangan janin.

“Kita upayakan dalam meningkatkan cakupan pemeriksaan ANC pada ibu hamil serta untuk memantau kesehatan ibu dan perkembangan janin, secara khusus hari ini di Desa Embacang Baru Ilir, ,” paparnya.

Semua Ibu hamil di , Desa Embacang Baru Ilir diharapkan melakukan pemeriksaan ANC.

Kegiatan dihadiri Dinkes Muratara ,kades Kartini dan ketua PKK ,perangkat desa, Bidan Puskesmas , Kader Posyandu dan Ibu Hamil.

Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan Prokes 5M.
Jurnalis Rika.

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite