Desa Sumber Sari Terpilih mewakili Kabupaten Muratara Lomba KPSPAMS Award Tingkat Provinsi

Kabarkite.com, Muratara–Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mengadakan lomba KPSPAMS atau KPSPAMS Award Tahun 2021. Lomba KPSPAMS (Kelompok Pengelola Sistem penyediaan Air Minum dan Sanitasi) diikuti 13 Kabupaten yang menjadi lokasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) se-Sumatera Selatan. Setiap kabupaten mengusulkan satu nama KPSPAMS terbaik untuk diserahkan ke Panitia Penilai di Tingkat Provinsi untuk dilakukan penilaian.

Kegiatan KPSPAMS Award diselenggarakan oleh Dinas PMD Provinsi Sumatera Selatan dengan membentuk Tim Penilai Tingkat Provinsi. Tim Penilai terdiri dari unsur Dinas PMD Provinsi, Dinas Perkim Provinsi, perwakilan Pamsimas ROMS Provinsi dan perwakilan Program P3MD Provinsi.

Penjaringan KPSPAMS terbaik dimulai dari tingkat kabupaten dimana Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Bappeda, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim), Dinas Kesehatan, Dinas PMD, dan Asosiasi Pengelola SPAMS Perdesaan tingkat kabupaten (Asosiasi KPSPAMS), dengan dibantu ROMS Pamsimas kabupaten, melakukan seleksi untuk memilih satu KPSPAMS terbaik tingkat kabupaten untuk disertakan dalam lomba tingkat provinsi.

Desa Sumber Sari Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Terpilih Mewakili Kabupaten Muratara Dan Mengikuti Lomba Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Kelompok Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi (KP SPAMS) Award Lomba Desa Tingkat Provinsi Se Sumatera Selatan Pada Hari Selasa (04/05/2021 ).

Tim Penilai Sudah Melakukan Penilaian Langsung Ke Desa Sumber Sari Dan Desa Sumber Sari Layak Mengikuti Ajang Kompetisi (Ko SPAMS) Award Lomba Tingkat Provinsi Se-Sumsel.
Dalam kesempatan tersebut Ir. Sofiarman Pito.MM Selaku Koordinator Pamsimas Provinsi Sumatera Selatan mengatakan. “Mudah-mudahan pengolahan sarana Air Bersih ini lebih baik dan nantinya Desa dapat praktek penambahan sarana Air Bersih ini nantinya untuk penambahan sarana mencapai seratus persen”,Jelasnya.

Dikatakannya untuk edepan tetap terus lakukan sosialisasi tentang sanitasi dan air bersih melalui Desa dan BUMDes, selain itu juga manfaatnya bukan hanya di konsumsi saja, namun juga bisa untuk dipasarkan seperti usaha air galon bagi masyarakat.

Rinto Wijaya,ST selaku Distrik Koordinator Pamsimas Kabupaten Muratara. Dengan adanya kegiatan KP SPAMS Award ini di Desa Sumber Sari Kecamatan Nibung dengan besar harapan Desa Sumber Sari ini dapat menjadi percontohan pengolahan sarana Air Bersih yang baik di Kabupaten Muratara ini.Harapnya.

Kegiatan KPSPAMS Award ini diharapkan dapat mendorong kinerja KPSPAMS dalam pengelolaan dan pengembangan sarana menuju 100% akses air minum dan sanitasi perdesaan khususnya di wilayah Sumatera Selatan.

Kemudian Kepala Desa Sumber Sari H.Misfani menjelaskan bahwa Pembangunan Pamsimas desa ini merupakan keberhasilan di desanya tidak terlepas dari semua pihak dan masyarakat.

“ Terimakasih atas kerjasamanya,karena ini semua tidak lepas dari kompakkan kita semua. Semoga kedepannya lebih tingkatkan kinerja dalam kepengurusan KP SPAMS Desa Sumber Sari,” Ujarnya.

Masalah hasil ahirnya kami serahkan kepada tim penilai sepenuhnya apapun itu kami akan terima yang pada ini Sarana Air Bersih Pamsimas ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Sumber sari dan kami sudah menyalur kerumah-rumah warga yang di kelola langsung oleh BUMDes
(Bang Putra).

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite