Desa Batu Gajah Adakan Sedekah Ramo Ditengah Pandemi Covid 

Kabarkite.com, Muratara -warga Desa Batu Gajah Kecamatan Rupit, Kamis (29/7/2021) berkumpul. Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19 warga tampak menggelar Sedekah Ramo (bumi) yang pada kali ini berharap agar virus COVID-19 atau Corona segera tiada.

Kegiatan itu dilaksanakan di pinggir Sungai Rupit, diikuti puluhan warga baik laki-laki maupun perempuan, mulai dari lansia hingga anak-anak. 

Sedekah bumi ini merupakan bagian dari rasa syukur masyarakat setempat kepada yang maha kuasa dan berdoa untuk menjauhkan musibah, memohon kepada Allah SWT agar wabah COVID-19 segera berlalu,” ungkap kades Batu Gajah Habib Dimyati kepada wartawan Murexs.

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat ,Pisol Abduh ,menjelaskan bahwa sedekah Ramo (bumi) biasanya dilakukan untuk dijauhkan dari balak ,wabah serta wujud rasa syukur , warga desa bersama sama memohon pada Allah SWT .

“Kali ini sedekah Ramo dilakukan untuk memohon kepada Allah SWT dijauhkan dari balak serta wabah Covid 19, ini dikarenakan akhir akhir ini Warga desa banyak yang mengalami sakit”, jelasnya.

Turut hadir juga dalam acara tersebut kades Batu lama,Sekcam, tokoh masyarat lainnya,perangkat desa.

Junaidi
Pantauan di lokasi sejak pagi tampak rasa kebersamaan dan kekeluargaan masyarakat desa Batu Gajah yang disibukkan dengan berbagai persiapan sedekah Ramo.
Setiap rumah membawa makanan masing masing ketepi sungai untuk dimakan bersama sama ,mereka  saling memberi. Meski saat ini sedang dalam Wabah Mendunia yaitu Pandemi COVID-19, masyarakat tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

“Kami mengadakan sedekah Ramo ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT untuk dijauhi dari bapak dan wabah,karena akhir akhir ini warga desa banyak yang mengalami sakit,” jelas limpit yang juga ikut serta dalam sedekah Ramo.

Sementara itu, tokoh masyarakat desa Batu Gajah Pisol mengatakan sedekah ramo  dilaksanakan sebagai tradisi untuk menghindari balak dan sebagai rasa syukur (berkah) .
“Sedekah bumi/ramo kali ini dilakukan untuk memohon pada Allah SWT untuk dijauhkan dari bala serta wabah terutama Covid 19 ,warga desa kami kini banyak mengalami sakit,cak mewabah karena bila satu rumah terkena sakit anggota keluarga lainnya ikut sakit juga,begitupun dengan Masyarakat setempat.

Rika

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite