Cakades Sri Mulyo Tuntut Pemilihan Ulang.

MUSIRAWAS, MP – Calon Kepala Desa (Cakades) Sri Mulyo Kecamatan STL. Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas, gandeng Pengacara Tuntut pemilihan ulang, 20/04/21.

Umroni, S, PdI selaku calon Kepala Desa Srimulyo Nomor Urut 1 menjelaskan bahwa pada TPS 2, TPS 4, dan TPS 5 terdapat surat suara yang di coblos didalam tanda gambar dan di luar tanda gambar dianggap sebagai suara tidak sah,

“Sedangkan pada TPS 1 dan TPS 3 juga terjadi peristiwa yang sama tetapi berdasarkan kesepakatan panitia penghitungan suara dianggap sebagai suara sah. Sehingga terjadi ketidak-konsistenan dalam menentukan suara sah dan tidak sah”, ujar Umroni.

Lanjut Umroni dalam hal ini kami gandeng Pengacara untuk beberkan fakta penyimpangan yang dilakukan oleh panitia pemilihan kepala desa yang tidak profesional sehingga terjadi Ketidak-konsistenan dalam menentukan suara yang sah dan suara yang tidak sah.

Selain itu Ardi Sudrajat, SH selaku Kuasa Hukum Cakades Nomor Urut 1 Umroni menjelaskan, pada pemilihan Kepala Desa Srimulyo telah dibentuk 5 (lima) Tempat Pemungutan Suara (TPS), kemudian pada tahapan penghitungan suara terjadi perbedaan presepsi dalam menentukan suara sah dan tidak sah.

Terhadap Peristiwa yang terjadi yaitu adanya surat suara yang di coblos didalam tanda gambar dan di luar tanda gambar jika berpedoman kepada Keputusan Panitia Pemilihan Kepala desa Srimulyo Nomor : 10/SK.Pilkades/SRM/2021 Tentang Tata Tertib Pemilihan Kepala Desa Srimulyo, hal tersebut adalah tidak sah, ujar Ardi.

Ardi juga menjelaskan Hal ini jika dikaitkan dengan Peraturan Bupati Musi Rawas Nomor 11 Tahun 2016 Pasal 65 ayat 1 poin e, yang menyebutkan bahwa penghitungan ulang surat suara dapat dilakukan “apabila terjadi ketidak-konsistenan dalam menentukan surat suara yang sah dan surat suara yang tidak sah” tutup nya (sondy)

The post Cakades Sri Mulyo Tuntut Pemilihan Ulang. appeared first on MediaPerubahan.Com.

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite