Bupati H.Joncik Muhammad Paparkan Prioritas Pembangunan 2021 ke Gubernur

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan  (Sumsel) H. Herman Deru menginstruksikan para kepala daerah ditingkat Kabupaten/kota di Bumi Sriwijaya, untuk dapat memprioritaskan mengangkat potensi daerah setempat menjadi icon andalan. Hal ini penting karena terkait dengan jumlah anggaran yang akan dialokasikan Pemprov Sumsel kedaerah bersangkutan di Tahun Anggaran 2021.

“Kita sesuaikan dengan apa potensinya didaerah tersebut seperti pertanian dan perkebunan, maka kita maksimalkan hasil produksinya. Melalui pembuatan bendungan atau  irigasinya,” ungkap Herman Deru disela-sela mendengarkan paparan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang H. Joncik Muhammad dan Yulius Maulana di ruang rapat Gubernur, Senin (1/2) siang.

Herman Deru menginginkan proyek yang akan dijalankan dimasing-masing daerah tersebut dapat menjadi trendsetter diluar daerah termasuk ditingkat Provinsi maupun nasional.

“Seperti di Empat Lawang sangat kemungkinan untuk menanam jagung, karena struktur tanahnya mendukung, maka harus ditingkatkan produksinya. Seperti saya pernah sampaikan harus ada yang ditonjolkan. Sekarang kita harus bicara icon,” tambahnya.

Selanjutnya Gubernur menekankan, program proyek strategis yang telah disusun Kabupaten Empat Lawang seharusnya direncanakan dengan matang karena sangat erat kaitannya dengan pendanaan. Terlebih di TA. 2021 ini Pemprov fokus pada penyelesaian berkelanjutan (multiyears) atau proyek-proyek yang mangkrak.
“Untuk tahun ini  akan kita fokuskan pada penyelesian proyek  strategis seperti Jembatan Lawang Agung. Proyek jalan akses antar kelurahan antar desa juga harus tuntas,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Empat Lawang H.Joncik Muhammad mengatakan pihaknya akan berusaha mensinergikan program kerja sesuai dengan keinginan Gubernur. Utamanya termasuk terkait dengan  mengangkat potensi yang akan menjadi icon daerah.

“Kita akan kerjasama dengan ITB sebagai salah satu upaya mengangkat potensi Empat Lawang sehingga menjadi icon. Kita juga  tentunya akan melibatkan  tenaga  para sarjana  yang ada didaerah kita,” ujar Joncik.

Sebelumnya Joncik dalam paparannya menyebut ada sejumlah program strategis yang menjadi prioritasnya untuk dituntaskan tahun ini diantaranya menyelesikan pembangunan jembatan Lawang Agung, Bandar Agung Kecamatan Pasemah Air Keruh sepanjang 80 meter. Selain itu melanjutkan pembangunan jalan Talang Gawo-Desa Seleman Ilir sepanjang 4 km. Peningkatan Jalan Muara Saling Kecamatan Saling sepanjang 3 km. Kemudian peningkatan jalan Desa Pancormas Kecamatan Tebing Tinggi sepanjang 3 km. Serta Pembangunan jalan desa Karang Gede menuju Talang Tengah Padang Kecamatan Sikap dengan panjang 13 km serta Pembangunan jalan Talang Meni Baturaja-Tabah Kebon sepanjang 6 km. Infrastruktur jalan dan irigasi ada pengajuan sebesar Rp50 miliar untuk 6 ruas jalan di 6 kecamatan dan dua irigasi. (ken)