Bupati dan Wabup Sholat Ied Di Masjid Taqwa Muara Rupit

Bupati : Mari Dukung Penuh Pemerintah Dalam Pembangunan

Kabarkite.com, Muratara– Kamis,(13/05/2021) Bupati Musi Rawas Utara H. Devi Suhartoni di dampingi wakil bupati Musi Rawas Utara H.Innayatullah ,ketua TP PKK Muratara Hj.Rita Suryani ,wakil ketua TP PKK Muratara Umi Desi Anggraeni,sekda Muratara Alwi Roham,ketua DPRD Efriyansah S.sos dan Anggota,Kapolres AKBP Eko Sumaryanto, serta Prokompim Setda , melaksanakan sholat ied untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah di masjid At Taqwa Desa Lawang Agung kelurahan Muara Rupit kabupaten Musi Rawas Utara.

Sholat idul fitri kali ini di laksanakan dalam nuansa berbeda karena di lakukan dengan mengacu pada protokol kesehatan khusus di masa pandemic corona ini, seperti menggunakan masker, hand sanitizer, menjaga jarak antar Jemaah sholat, Jemaah membawa sajadah masing masing dan kantong plastic untuk membungkus alas kaki untuk di simpan di samping Jemaah masing-masing, untuk kaum wanita, anak-anak untuk melakukan sholat idul fitri.

Bupati Muratara H.Devi Suhartoni dalam sambutannya menuturkan, kita menyadari dan merasakan bahwa ramadhan kali ini sangatlah berbeda dari ramadhan tahun-tahun sebelumnya. ramadhan dan ibadah kita tahun ini dilaksanakan ditengah pandemi covid-19, dengan segala keprihatinan dan keterbatasan, sehingga menjadi tantangan dan ujian tersendiri bagi kita untuk senantiasa bersabar dan lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Namun rupanya kita harus masih bersabar sedikit lagi untuk bisa menunaikan kerinduan-kerinduan tersebut, saat ini kondisinya masih belum aman dan memungkinkan kita melakukan aktivitas secara leluasa, sebab diluar sana, mahluk yang bernama virus corona masih mengintai kelengahan kita. pemerintah pusat dan daerah telah melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan penyebaran covid-19, baik yang bersifat medik, teknik maupun rekayasa sosial.

Pemerintah Pusat dan Daerah tidak bisa bekerja sendiri untuk dapat mengendalikan sebaran wabah tersebut, sangat diperlukan peran serta masyarakat secara aktif dalam memutus rantai penyebaran covid-19 ini, dengan cara mematuhi kebijakan dan aturan yang ditetapkan. diakui bahwa kebijakan dan aturan yang harus dilakukan secara ekonomi dan kemasyarakatan sebenarnya tidak menguntungkan, akan tetapi hal itu adalah pilihan yang paling rasional untuk dilakukan, sebab kesehatan dan kehidupan jauh lebih penting dari pertumbuhan ekonomi.

Melalui momentum Hari Raya Idul Fitri ini kami mengajak kepada seluruh masyarakat kabupaten Muratara khususnya umat muslim yang hari ini melaksanakan ibadah idul fitri untuk lebih mendekatkan diri kepada allah swt seraya berdo’a dan bermunajat semoga wabah ini secepatnya berakhir, dengan tetap mematuhi dan melaksanakan himbauan, anjuran, dan maklumat serta melaksanakan setiap protokol covid-19 yang dikeluarkan oleh pemerintah serta untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat.

Bupati juga mengatakan “Hari ini kita semua meraih kemenangan, untuk itu kemenangan ini harus menambah semangat kita untuk terus mendukung pembangunan yang ada.Pemerintah Muratara selalu terbuka untuk berdiskusi dalam pembangunan Muratara”, kata bupati.

” Pintu rumah dinas terbuka selalu bagi masyarakat yang ingin berdiskusi dan Saat ini pemerintah masih fokus pada pembangunan infrastruktur dasar untuk menggerakkan roda perekonomian”jelasnya.

Bupati juga mengajak masyarakat tetap kompak untuk mendukung pemerintah dalam menjalankan pembangunan.Mendukung pembangunan degan cara merawat dan menjaga secara bersama-sama, sehingga manfaat dari pembangunan itu bisa terus dirasakan oleh masyarakat.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh jajaran aparatur pengamanan di lapangan baik kepolisian, tni, polisi pamong praja, dinas perhubungan, damkar, pasukan kuning, organisasi masyarakat, bpbd, relawan dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam melaksanakan tugas sebelum dan selama bulan suci ramadhan hingga saat dan pasca idul fitri, terlebih bagi tenaga kesehatan yang hingga saat ini masih bertugas dan berjuang sebagai garda terdepan dalam menangani covid-19, semoga mereka diberikan kekuatan, kesehatan dan kesabaran dalam bertugas. atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Daerah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, dan DPRD, kami menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 syawal 1442 hijriyah, Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin, semoga Allah SWT. senantiasa mengabulkan do’a dan munajat kita serta melindungi kita dari segala bentuk musibah dan bencana. amin yaa robbal alamin.

Sementara itu wakil bupati Musi Rawas Utara H.Innayatullah dalam tausiyahnya mengatakan , pada masa pandemi Covid-19 ini masyarakat diminta tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Dalam kesempatan itu ia juga menghimbau kepada seluruh kepala desa untuk memberitahukan dan mensosialisasikan warganya, untuk tidak mengadakan pesta malam menghindar sesuatu yang bersifat mengundang kericuhan, sesuai keputusan perda nomor 20 tahun 2019 yang sebelumnya ditetapkan oleh pemerintahan sebelumnya.Wakil bupati Muratara juga menjelaskan peraturan itu berlaku setelah idul Fitri ,bila melanggar ada tiga sanksi yang harus diterima, yakni pembubaran,kurungan 3 bulan ,dan denda 50 juta bagi yang mengadakan hajat.

” Ini berlaku seusai lebaran idul Fitri, bagi yang punya hajat bila melanggar kita kenakan sanksi, pembubaran,kurungan 3 bulan atau denda 50 juta. Bagi yang punya musik juga kita berikan sanksi bila menyetujui pesta malam dikenakan sanksi yakni penyitaan alat musik”, Tegasnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan solat Ied Fitri berjamaah yang diimami langsung oleh wakil bupati Muratara H.Inayatullah.
(Rika).

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite