Bos Galian Pasir Di Batu Urib Permai Akan Dipolisikan

LINGGAUMETROPOLIS.COM– Warga RT 01,Kelurahan Batu Urib Permai resah dan merasa terancam terhadap aktivitas galian pasir yang berada dipemukiman setempat.

Warga setempat dan pemilik lahan baru merasa legah setelah tim gabungan Pemkot Lubuklinggau dipimpin Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP),Hendra Gunawan bersama Kasatreskrim, AKP Alex Ardian dan Balai SDM Regional III sidak ke lokasi.

Namun sayangnya, saat tim gabungan datang para penambang langsung menghilang.

Ibu-ibu sekitaran lokasi galian pasir dan salah satu pemilik tanah mengaku sudah lama resah dengan aktivitas galian pasir tanpa izin tersebut.

Namun apa daya mereka tak berani menghentikan aktivitas penggalian pasir tersebut lantaran takut terancam kesalamatan sebab bos penambang pasir sering marah-marah sembari membawa senjata tajam (parang).

” Kami sudah lapor ke pak Lurah tapi tidak ada penyelesaiannya, kami nak nutup dewek dak berani, kareno wong itu temperamen, polisi yang rumahnyo dekat bae pernah didatanginyo bawak parang,”celoteh salah seorang ibu kepada tim.

Selain tidak berizin,aktivitas galian pasir ini dinilai merusak lingkungan dan dapat menyebabkan longsor terutama dibagian galian yang dekat dengan rumah warga. Sedikitnya dua rumah warga setempat yang bagian belakangnya sudah terancam amblas lantaran galian tersebut.

Camat Lubuklinggau Utara I, Kunti, menerangkan dirinya sudah banyak mendapat laporan warga terkait hal ini, sehingga beberapa waktu lalu sudah ada tim Polres yang menyetop aktivitas, namun kelang beberapa hari para penambang kembali beraktivitas.

” Warga disini sudah resah, dan mereka siap membuat laporan polisi,”ujarnya.

Sedangkan, Kepala DPMPTSP Lubuklinggau, Hendra Gunawan menegaskan bahwa penambangan pasir tersebut harus dituntut secara pidana karena selain ilegal,juga melakukan pengrusakan lingkungan, membahayakan warga, serta melakukan penambangan pasir dilahan orang lain.

” Laporkan saja ke Polres Lubuklinggau, kami siap memberikan rekomendasi, dan berita acara sidak ini akan kita berikan untuk penguat warga melapor ke Polres,”tegasnya.

Sementara itu,Kasatreskrim Polres Lubuklinggau, AKP Alex Ardian juga meminta agar warga sesegera mungkin membuat laporan polisi agar segera juga ditindaklanjuti dengan proses hukum.

” Kami yang beberapa waktu lalu datang meyetop galian ini, tidak tahu kalau mereka menggali lagi, segeralah buat laporan ke Polres akan segera kami tindaklanjuti,”