Berikut Sanksi Jika Tidak Ikuti Vaksin dan Manfaat Vaksin Covid-19

Kabarkite.com, Musi Rawas – Sejauh ini
pemerintah telah melaksanakan program vaksinasi Covid-19, vaksinasi itu diperuntukkan bagi 181 juta penduduk Republik Indonesia sejak 13 Januari 2021 lalu. Tetapi tenyata, bagi mereka yang terdaftar sebagai penerima vaksin namun menolak disuntik vaksin, pemerintah secara tegas telah menyiapkan sanksi.

Adapun sanksi dimaksud dilancir dari Indonesiabaik.id secara jelas menerangkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 14 tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 pada 9 Februari 2021. Sanksi Menolak Vaksin
Mereka yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin Covid-19 wajib mengikuti vaksinasi Covid-19, kecuali bagi mereka yang tidak memenuhi kriteria penerima vaksin sesuai indikasi vaksin Covid-19 yang tersedia.

Sedangkan bentuk sanksi ini tercantum di dalam Perpres nomor 14 tahun 2021 tertera pada Pasal 13A yang menyebutkan bahwa, setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin Covid-19 yang tidak mengikuti vaksinasi Covid-19 dapat dikenakan sanksi administratif berupa sebagai berikut :

  1. penundaan atau penghentian pemberian jaminan sosial atau bantuan sosial
  2. penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintahan; dan/atau
  3. denda.

Tugas pemberian sanksi itu akan dilakukan oleh Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, atau badan sesuai dengan kewenangannya. Selain sanksi administratif, pemerintah juga mengatur masyarakat penerima vaksin COVID-19 yang tidak mengikuti program ini bisa dikenai sanksi sesuai UU yang berlaku.

  • Manfaat vaksin Covid-19

Pemerintah telah menjamin vaksin yang kini diberikan kepada masyarakat aman dan juga dapat memberikan banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat vaksin Covid-19 melancir Kompas.com agar perlu kita semua pahami :

1. Mencegah terkena atau mengalami gejala Covid-19 berat

Dalam dokumen Frequently Asked Question (FAQ) Seputar Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang diunggah dalam laman resmi Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI, dijelaskan bahwa vaksinasi Covid-19 memang tidak membuat kita 100 persen kebal dari Covid-19.

Tapi, vaksinasi Covid-19 akan mengurangi dampak yang ditimbulkan jika kita tertular Covid-19.Melindungi orang lain

2. Melindungi orang lain

Vaksinasi Covid-19 bisa mencegah kita menyebarkan virus corona ke orang lain.

Jika cakupan vaksinasi tinggi dan merata di suatu daerah, maka akan terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

Kekebalan kelompok merupakan situasi di mana sebagian besar masyarakat terlindung atau kebal terhadap penyakit tertentu sehingga menimbulkan dampak tidak langsung (indirect effect), yaitu turut terlindunginya kelompok masyarakat yang rentan dan bukan merupakan sasaran vaksinasi.

Kondisi tersebut hanya dapat tercapai dengan cakupan vaksinasi yang tinggi dan merata.

Sebagian besar ahli percaya setidaknya butuh 70 persen dari populasi untuk divaksin demi mencapai kekebalan kelompok.Menghentikan penyebaran Covid-19

3. Menghentikan penyebaran Covid-19

Pada dasarnya, vaksinasi diadakan bukan hanya bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah, tetapi juga dalam jangka panjang mengeliminasi atau bahkan memusnahkan penyakit itu sendiri.

Tujuan vaksinasi ini kiranya juga disematkan untuk penyakit Covid-19 akibat virus corona.Membantu melindungi generasi selanjutnya

4. Membantu melindungi generasi selanjutnya

Manfaat vaksin Covid-19 salah satunya adalah mencegah virus corona menyebar dan bereplikasi, yang memungkinkannya bemutasi dan mungkin menjadi lebih kebal terhadap vaksin.

Dengan menurunkan laju infeksi Covid-19 dan memutus mata rantai pandemi Covid-19, kita pun dapat melindungi generasi selanjutnya dari penderitaan panjang terinfeksi penyakit ini.

Hal ini terbukti dari catatan sejarah yang sudah terjadi. Dulu ada banyak penyakit yang disebabkan oleh virus bisa menyebabkan banyak mematikan. Dengan adanya vaksin, penyakit dapat dikendalikan.

Sudahkan Anda menerima vaksin Covid-19 ? Atau masih mengantre ? Atau Anda malah belum mendaftar atau mengupayakan perolehan vaksin karena masih ragu ?

Ayo vaksin tidak perlu khawatir tentang vaksinasi Covid-19 karena, pemerintah telah menjamin bahwa vaksinasi aman.
(Rudi Tanjung)

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite