Berbekal Swadaya, Warga Desa Surulangun Perbaiki Tanggul Jebol

Kabarkite.com, Muratara – Pemerintahan desa di komandoi kepala desa Surulangun kecamatan Rawas Ulu,kabupaten Musi Rawas Utara Dan warga secara bahu-membahu memperbaiki tanggul jebol menuju Taman Pemakaman Umum (TPU) akibat dimakan usia ,Senin (30/8/2021).

Diduga akibat termakan usia membuat tanggul yang juga sebagai pangkal titik utama menuju TPU ambruk Akibatnya, tanggul yang tadinya membagi dua jalur air, kini jebol dan membuat jalan utama menuju pemakaman susah dilalui.

Kades Surulangun Ahmad Saleh ,Senin(30/8/2021 ) mengaku bahwa puluhan warga beserta perangkat ,BPD, bahkan turun juga ikut bergotong-royong salah satu anggota DPRD Muratara Aguscik kader partai Demokrat ,memperbaiki tanggul.

Menurutnya, tanggul yang ditimbun dengan berisikan batu kerikil tersebut, diharapkan mampu menjadi penahan air hujan, sehingga debit air yang turun tidak tertumpu ke satu titik.

” Tanggul jebol dari hari Jumat Minggu belakang terus kami bersama perangkat dan warga segera ambil sikap secara swadaya memperbaikinya, Alhamdulillah, berkat semangat gotong-royong masyarakat kami yang begitu tinggi, tanggulnya sudah terbenahi, kendati dengan keadaan alat yang seadanya,” ujarnya.

Dijelaskan kades Ahmad Saleh itu, dalam bergotong-royong memperbaiki tanggul jebol, masyarakat secara patungan menyumbangkan rejekinya guna keperluan itu, dan hari ini perbaikan itu selesai.

“Terima kasih buat seluruh warga yang ikhlas berbuat,” terang kades.

Sementara, seorang warga sekaligus sekdes Firman (27) membenarkan bahwa perbaikan tanggul yang rusak ini hasil patungan warga desa Surulangun yang dikomandoi oleh kades Ahmad Saleh.

” Ya dikomandoi oleh kades kami secara bergotong royong secara suka sukarela patungan perbaiki tanggul yang rusak, karena tanggul tersebut jalan utama menuju ke pemakaman umum,jadi bila dibiarkan akan menghambat aktivitas keseharian warga yang melalui jalan tersebut”, terangnya.

Jurnalis : Tim 13

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite