Bank Sumsel Babel dan Pemkab Empat Lawang Teken Perjanjian Kredit Pinjaman Daerah Jangka Pendek

Laporan: Agus Subhan Bakin

EMPATLAWANG – setelah melalui proses panjang, akhirnya permohonan kredit Pemerintah Kabupaten Empat Lawang kepada Bank Sumsel Babel disetujui, berdasarkan surat dari Bank Sumsel Babel nomor 497/DIR/III/B/2021 atas dasar itu Bupati empat lawang pada senin lalu (10/05) hadir lansung di kantor bank sumsel babel kantor pusat Palembang, untuk menandatangani perjanjian kredit sebesar 147 Milyar rupiah.

Bupati yang didampingi ketua DPRD Kabupaten Empat Lawang Persi, SE dan sejumlah OPD terkait menjelaskan bahwa langkah melakukan pinjaman ini adalah imbas dari pandemi COVID-19 secara global belakangan ini, telah membuat terjadinya kontraksi ekonomi, tak terkecuali Kabupaten Empat Lawang.

Sehingga sumber-sumber pendapatan daerah seperti transfer daerah, itu mengalami penurunan yang luar biasa. Sebagai contoh, pada tahun 2020 lalu Dana Alokasi Umum (DAU) mengalami kekurangan Rp42,5 milyar, dana perimbangan berkurang sekitar Rp70 milyar-an, bahkan dana insentif daerah (DID) nol rupiah.

”Sementara kebutuhan dengan anggaran, untuk menjalankan pembangunan itu sudah dipatok dengan target-target berjalan,” ungkap Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad seusai menandatangani perjanjian kredit bersama Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin

“akhirnya setelah diskusi panjang dengan berbagai jajaran, melalui pemikiran yang matang, kami melabuhkan pilihan untuk melakukan pinjaman pada bank pembangunan daerah sumsel babel sebesar 147 milyar dengan masa waktu pengembalian pinjaman 3 tahun” papar Sekretaris DPW PAN Sumsel ini.

Masih menurut Joncik, pinjaman ini akan digunakan untuk membiayai rencana proyek-proyek strategis kabupaten, yang sudah teragendakan diantaranya adalah peningkatan jalan Tanjung Raman (Air Deras) Menuju Talang Padang Kecamatan Paiker, peningkatan jalan Lingge – Plawi Kecamatan Pendopo Barat, peningkatan jalan SMPN 1 menuju Dusun Sawah Kecamatan Muara Pinang dan Peningkatan Jalan Poros Tanjung Ning ke perbatasan Rejang Lebong.

selain untuk peningkatan jalan, dana tersebut juga akan digunakan untuk pembangunan jalan lingkar Kota Tebing Tinggi, melanjutkan pembangunan Jembatan Air Selimang, dan melanjutkan pembangunan Jembatan Muara Aman

Bupati Empat Lawang H. Joncik Muhammad yakin dari 7 proyek strategis dengan nilai pembangunan 147 milyar dari pinjaman daerah akan sepadan dengan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat.*

Klik : Sumber Berita
Author: kabarkite